Strategi Pemasaran Terhadap Warung Kopi Ampirono Kulon Progo Dalam Kondisi Pandemi Covid-19

Murti, Dwiarum Pinilih Hari (2021) Strategi Pemasaran Terhadap Warung Kopi Ampirono Kulon Progo Dalam Kondisi Pandemi Covid-19. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (916kB)

Abstract

Pariwisata merupakan suatu aktifitas atau kegiatan yang tidak bisa dihilangkan dalam kehidupan manusia. Pariwisata memiliki peran signifikan dalam aspek ekonomi,sosial, dan lingkungan serata dapat membuka lapangan pekerjaan, pendapatan masyarakat, pendapatan daerah, dan juga pendapatan negara. Salah satu fasilitas penunjang pariwisata adalah kuliner. Banyaknya cafe atau tempat kuliner di Yogyakarta dengan harga yang sangat terjangkau salah satunya adalah Warung Kopi Ampirono yang terletak di Kulon Progo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang mencakup Segmentasi, Targeting, Dan Positoning Warung Kopi Ampirono dalam kondisi pandemi Covid-19. Mengingat masa pandemi Covid-19 saat ini bisnis-bisnis mengalami penurunan omset, namun ada beberapa tempat bisnis yang masih bertahan di tengah pandemi Covid-19 dan salah satunya Warung Kopi Ampirono. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi segmentasi, targeting dan positioning. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bersumber dari Warung Kopi Ampirono. Wawancara dilakukan dengan Mas Syarif selaku owner di Warung Kopi Ampirono lalu dengan Nawang Febri Lestari selaku manager di Warung Kopi Ampirono, dan narasumber yang berada di Warung Kopi Ampirono Kulon Progo yaitu dengan Mba Debi. Analisis data menggunakan analisis SWOT dengan sistem segmentasi, targeting, dan positioning. Dengan analisis SWOT dapat mengetahui apa yang menjadi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman di Warung Kopi Ampirono Kulon Progo. Kekuatan yang ada di Warung Kopi Ampirono yaitu dengan tersedianya menu makanan dan minuman yang tradisional tetapi dengan harga yang terjangkau dan dapat masuk ke semua kalangan, kelemahan yang ada pada Warung Kopi Ampirono adalah kurangnya papan penunjuk jalan menuju Warung Kopi Ampirono, Peluang yang terjadi adalah kebijakan pemerintah dalam memberikan izin pembukaan Warung Kopi Ampirono di Kulon Progo dan Ancaman yang terjadi di Warung Kopi Ampirono jaringan di daerah Kulon Progo yang kurang bagus dan persaingan dengan warung kopi lainnya yang sejenis dengan Warung Kopi Ampirono. Strategi pemasaran lainnya yang di lakukan dengan dunia digital marketing, dan membangun jaringan bersama teman-teman media Jogja seperti media cetak, media televisi serta website. Dengan setiap hari aktif di socialmedia instagram Warung Kopi Ampirono.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317101142
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran.
Subjects: Economy > Marketing > Marketing Strategy
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:47
Last Modified: 03 Jan 2023 01:47
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item