Studi Deskriptif Penyusunan Strategi Pemasaran Coffee Shop Samata House Surabaya

Illiyin, Janesa Arrumasari (2021) Studi Deskriptif Penyusunan Strategi Pemasaran Coffee Shop Samata House Surabaya. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (777kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (368kB)

Abstract

Di era globalisasi ini para pemasar dituntut untuk menjadi semakin kreatif dan inovatif dalam membangun sebuah usaha agar bisa bersaing dengan para kompetitor baru. Salah satu usaha yang banyak diminati saat ini adalah pada bidang retail khususnya pada sektor coffee shop. Bisnis yang dibangun tentu saja akan terjadi persaingan bisnis yang kompetitif. Oleh karena itu, setiap usaha harus memiliki strategi pemasaran tersendiri agar dapat tetap menarik minat konsumen untuk mengkonsumsi produk yang ditawarkan. Tujuan disusunnya strategi pemasaran yaitu untuk memaksimalkan keuntungan, memperluas dan memenangkan pasar, serta mengunggulkan produk dengan usaha yang sejenis dan memberikan wadah untuk para seniman dapat memamerkan karyanya, khususnya di kota Surabaya. Penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling, karena metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan mengumpulkan dokumen dari narasumber selaku tim operasional dan tim digital marketing. Langkah-langkah untuk melakukan penelitian ini yaitu dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang sudah diterapkan di Coffee Shop Samata House sebelumnya belum berjalan secara maksimal dikarenakan kurangnya kesadaran sumber daya manusia yang bekerja, sehingga perlu dilakukan penyusunan ulang strategi pemasaran sesuai dengan kondisi di lapangan saat ini agar tujuan tercapai. Penyusunan strategi pemasaran ini dilakukan berdasarkan dengan analisis lingkungan usaha secara internal dan eksternal. Salah satu penyusunan strategi pemasaran yang sudah mulai diterapkan adalah melakukan upgrade recipe, melakukan promosi penggunaan membercard, mengadakan promo untuk menu slow moving dengan melibatkan e-commerce, melakukan penyetokan bahan baku pada menu fast moving dan memberikan stiker pada konsumen coffee shop untuk meminimalisir brand awareness.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 320200405
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Analisis SWOT, Coffee Shop.
Subjects: Economy > Marketing > Marketing Strategy
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:34
Last Modified: 19 Jan 2023 06:34
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1222

Actions (login required)

View Item View Item