Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Pada Ros In Hotel Yogyakarta

Puspitasari, Novita Dyah Ayu (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Pada Ros In Hotel Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan room attendant terhadap kepuasan tamu pada Ros In Hotel Yogyakarta yang terdiri dari beberapa indikator yaitu kehandalan (X1), daya tanggap (X2), empati (X3), jaminan (X4), bukti fisik (X5). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 50 responden dan populasi yang digunakan adalah seluruh tamu Hotel Ros In. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Jenis instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert yang diberi skor pada setiap pernyataan. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji F, t, dan uji koefisien determinasi (R 2 ). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu yang diwakilkan oleh indikator kehandalan (X1), daya tanggap (X2), empati (X3), jaminan (X4), bukti fisik (X5) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan tamu pada Ros In Hotel Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F hitung 13.274 > F tabel 2.43 dengan nilai siginifikan 0.000 < 0.05, dengan Adjusted R Square sebesar 0.556 hal tersebut berarti kualitas pelayanan kehandalan (X1), daya tanggap (X2), empati (X3), jaminan (X4), bukti fisik (X5) memberikan pengaruh sebesar 55.6% dan sisanya sebesar 44.4% yang dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dalam penelitian ini juga didapat hasil dari uji t bahwa variabel kehandalan (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X4), bukti fisik (X5) berpengaruh secara signifikan tehadap kepuasan tamu, serta variabel empati (X3) tidak berpengaruh secara signifikan. Variabel yang paling dominan berpengaruh yaitu variabel daya tanggap (X2) merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan tamu pada Ros In Hotel yang memiliki t hitung 4.468 > t tabel 2.014 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317101085
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Room Attendant dan Kepuasan Tamu.
Subjects: Hotel Motel Restaurant > Guest > Guest Satisfaction
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 25 Jan 2023 04:36
Last Modified: 25 Jan 2023 04:36
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item