Pengaruh Pemesanan Kamar Berbasis Online Terhadap Minat Beli Masyarakat Yogyakarta

Safitri, Anisah Farras (2017) Pengaruh Pemesanan Kamar Berbasis Online Terhadap Minat Beli Masyarakat Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (47kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh apakah pemesanan kamar berbasis online terhadap minat beli masyarakat Yogyakarta. Untuk mengetahui variabel bebas yang paling dominan (Traveloka X1, Booking.com X2, Agoda X3, PegiPegi X4 ) terhadap variabel terikat (Minat Beli ). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kuesioner. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, digunakan sampel sebanyak 50 orang. Dimana keseluruhan responden meruapakan setengah dari populasi yang diberi kesempatan yang sama menjadi anggota sampel. Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas dan data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi liner berganda, untuk mengetahui pengaruh pemesanan kamar berbasis online terhadap minat beli masyarakat Yogyakarta. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa pengaruh Traveloka cenderung dominan dan minat beli masyarakat Yogyakarta adalah tinggi dan hasil analisis regresi menununjukan bahwa media online adanya pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat beli masyarakat tetapi secara simultan media online berpengaruh positif terhadap minat beli masyarakat . Hal ini dibuktikan dengan hasi uji F, yaitu (sig)= 0,046, bahwa nilai sig kurang dari 0,05 dan Fhitung sebesar 2,637 > Ftabel sebesar 2,58, dengan rumus (DF=K-1 dan DF2 = N-k ), maka Ha1 diterima, karena secara bersama-sama (simultan )Traveloka (X1), Booking.com (X2), Agoda (X3), PegiPegi (X4 ) berpengaruh terhadap minat beli masyarakat Yogyakarta. Koefisien determinasi 2 (adjusted R ) 11,8 persen sedangkan 88,2 persen (100 - 11,8 persen) lainnya dijelaskan oleh variabel yang tidak masuk dalam model, misalnya tingkat pendidikan, status sosial, emosi/perasaan pengguna akun atau user, hobi, situasi tidak terduga, dan sikap terhadap orang lain. Sedangakan pada Uji T menunjukan bahwa Ho diterima, karena secara parsial Traveloka (X1) merupakan situs online yang paling dominan atau berperan besar pengaruh terhadap minat beli masyarakat, hal ini dibuktikan dengan hasil Uji T pada taraf nilai koefisien regresi (beta )yang sudah distandarisasi paling besar adalah 0,300. Namun, secara parsial berdasarkan nilai siginfikasi lebih besar dari 0,05 (0,076 > 0,05 ). Dengan demikian bahwa Traveloka berpengaruh secara simultan yang signifikan tetapi secara parsial tidak berpengaruh signifikan karena masing-masing nilai sig variabel bebas mempunyai nilai sebesar 0,05. Kata kunci : Traveloka, Booking.com, Agoda, PegiPegi, Minat Beli

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 316200303
Uncontrolled Keywords: Traveloka, Booking.com, Agoda, PegiPegi, Minat Beli
Subjects: Marketing > E-Commerce
Marketing > Customer > Buying Interest
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 04 Jan 2020 02:19
Last Modified: 07 Jul 2020 03:13
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/13

Actions (login required)

View Item View Item