Pengaruh Karakteristik Media Sosial Terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Pasar Semi Kaki Langit Mangunan

Apriyani, Pita Dewi (2021) Pengaruh Karakteristik Media Sosial Terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Pasar Semi Kaki Langit Mangunan. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengambil judul “Pengaruh Karakteristik Media Sosial Terhadap Minat Kunjung Wisatawan Di Pasar Semi Kaki Langit Mangunan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik media sosial terhadap minat kunjung dan variabel karakteristik media sosial mana yang paling berpengaruh dominan terhadap minat kunjung di Pasar Semi Kaki Langit Mangunan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel partisipasi (X 1 ), keterbukaan (X 2 ), percakapan (X 3 ), komunitas (X 4 ), keterhubungan (X 5 ), dan minat kunjungan (Y). Sampel yang digunakan sebanyak 130 responden dengan teknik pengambilan sampel, purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang dianalisis dengan uji F dan uji T sebagai uji hipotesis menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji F, nilai F hitung F tabel yaitu 35,902 >2,29 dengan sig.0,000 sehingga Ha, diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan antara karakteristik media sosial yang terdiri dari partisipasi (X₁), keterbukaan (X 2 ), percakapan (X 3 ), komunitas (X 4 ), dan keterhubungan (X 5 ) terhadap minat kunjung (Y) di Pasar Semi Kaki Langit Mangunan. Berdasarkan hasil uji T diketahui bahwa nilai T hitung terbesar didapatkan oleh variabel keterhubungan (X 5 ) sebesar 6,662 > 1,97928 dengan sig. 0,000<0,0050 sehingga Ha 2 diterima, artinya variabel keterhubungan (X 5 ) paling berpengaruh terhadap minat kunjung (Y) di Pasar Semi Kaki Langit Mangunan karena Pasar Semi Kaki Langit Mangunan memberikan kemudahan pada wisatawan dalam berkomunikasi dan dalam mengakses informasi melalui media sosial. Sedangkan variabel partisipasi (X 1 ) dan variabel percakapan (X 3 ) tidak berpengaruh terhadap minat kunjung (Y) di Pasar Semi Kaki Langit Mangunan karena wisatwan tidak sering memberikan komentar dan likes pada media sosial milik Pasar Semi Kaki Langit Mangunan, kemudian tingkat kecepatan pengelola dalam memberikan respon masih kurang sehingga wisatawan merasa kurang mendapat informasi dari pengelola media sosial Pasar Semi Kaki Langit Mangunan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 417100462
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Minat Kunjung
Subjects: Social Media
Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:52
Last Modified: 08 Mar 2023 02:52
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item