Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket Pesawat Pada Magneto Holidays Tour and Travel Yogyakarta (Studi Kasus Pada Penjualan Tiket Domestik Magneto Holidays Yogyakarta)

Hapsari, Presty (2020) Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket Pesawat Pada Magneto Holidays Tour and Travel Yogyakarta (Studi Kasus Pada Penjualan Tiket Domestik Magneto Holidays Yogyakarta). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjudul Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket Pesawat pada Magneto Holidays Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penetapan harga dan promosi secara serempak mempengaruhi tingkat penjualan serta untuk mengetahui mana di antara variabel penetapan harga dan promosi yang lebih dominan berpengaruh terhadap tingkat penjualan. Subjek penelitian ini adalah pelanggan Magneto Holidays Yogyakarta yang berjumlah 64 responden. Pemilihan sampel menggunakan teknik non random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert, sedangkan variabel dependennya diambil dari sampel per hari pada data penjualan selama 2 bulan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan pengujian hipotesis melalui uji F secara simultan dan uji T secara parsial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan garis regresi sebagai berikut : Y = 0,110 + 3,054X1 + 3,115X2. Hasil ini berarti bahwa apabila tidak ada variabel bebas dalam hal ini adalah penetapan harga dan promosi, maka tingkat penjualan produk tiket pesawat hanya 11% didasari dari faktor kepercayaan. Hasil pengujian secara simultan diperoleh nilai F hitung (34,832) > F tabel (3,15) dan nilai sig (0,000) < 0,05 yang artinya secara simultan nilai Penetapan Harga dan Promosi berpengaruh terhadap tingkat penjualan tiket pesawat domestik. Berdasarkan uji T/Parsial diperoleh variabel Penetapan Harga nilai T hitung (3,054) > T tabel (1,998) dan nilai signifikan (0,003 < 0,05), dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap tingkat penjualan, kemudian variabel Promosi nilai T hitung (3,115) > T tabel (1,998) dan nilai signifikan (0,003 < 0,05), dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih dominan terhadap tingkat penjualan. Hasil koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,518 yang artinya 51,80% tingkat penjualan dipengaruhi oleh penetapan harga dan promosi sedangkan sisanya 48,20% diperoleh dari variabel lain yang tidak diteliti seperti pelayanan (termasuk kecepatan respon karyawan), komitmen perusahaan (salah satunya termasuk pengurusan flight delay, dan fasilitas perjalanan. Oleh karena itu, digunakan uji asumsi klasik yang menunjukkan pada uji Normalitas bahwa data penelitian berdistribusi normal dilihat dari kurva grafik histogram dan garis diagonal di gambar P-Plot, kemudian pada uji Multikolinearitas disimpulkan bahwa kedua variabel independen tidak terdapat multikolinearitas dilihat dari nilai tolerance kedua variabel > 0,1 dan nilai VIF < 10, dan pada uji Heteroskedastisitas menggunakan uji glejser disimpulkan tidak terjadi gejala heteroskedastisitas karena nilai signifikansi kedua variabel independen > 0,5.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 419200181
Uncontrolled Keywords: Penetapan Harga, Promosi dan Tingkat Penjualan
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Economy > Marketing > Sales
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:02
Last Modified: 08 Mar 2023 03:02
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item