Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Melakukan Pembelian Produk Paket Wisata di Desa Wisata Tembi

Adammas, Steven (2020) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Melakukan Pembelian Produk Paket Wisata di Desa Wisata Tembi. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Salah satu Desa yang mengembangkan potensi wisatanya adalah Desa Tembi, terletak di Kelurahan Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Beberapa produk wisata yang ditawarkan oleh Desa Wisata Tembi diantaranya adalah atraksi kesenian, homestay, paket wisata, outbond, dan produk kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat wisatawan melakukan pembelian produk paket wisata di Desa Wisata Tembi dan untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan diantara faktor-faktor tersebut. Faktor-faktor yang dikaji meliputi faktor budaya, faktor sosial, faktor personal, dan faktor psikologis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data penelitian dianalisis dengan Uji T, Uji F, dan Uji Determinasi. Proses perhitungan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS for windows versi 20. Berdasarkan hasil Uji T diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan pengunjung membeli paket wisata di Desa Wisata Tembi adalah faktor sosial. Sedangkan faktor budaya, personal, dan psikologi tidak mempengaruhi keputusan tersebut. Dan berdasarkan hasil Uji F diketahui bahwa faktor budaya, sosial, personal, dan psikologi secara simultan mempengaruhi keputusan pengunjung membeli paket wisata di Desa Wisata Tembi. Diantara keempat faktor tersebut yang paling dominan pengaruhnya faktor sosial. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan dalam melakukan penjualan produk paket wisata pengelola Desa Wisata Tembi seharusnya menekankan pada aspek sosial, yaitu melalui komunitas, testimoni, ulasan, komentar positif, dan lain sebagainya, sekaligus juga menjaga dan meningkatkan sikap keterbukaan dan penerimaan terhadap berbagai macam karakter pengunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 414100313
Uncontrolled Keywords: pariwisata, desa wisata, produk wisata, minat pembelian
Subjects: Tourism
Tourism > Tourist / Traveler
Tourism > Tourist Village
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:45
Last Modified: 08 Mar 2023 03:45
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1335

Actions (login required)

View Item View Item