Analisis Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Destinasi Wisata Tebing Breksi Yogyakarta

Pane, Yuli E (2021) Analisis Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Destinasi Wisata Tebing Breksi Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti mengambil judul “Analisis Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Destinasi Wisata Tebing Breksi Yogyakarta”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Destinasi Wisata Tebing Breksi Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah informan 3 orang. Pendekatan yang digunkan adalah pendekatan kominikasi yaitu wawancara mendalam dengan informan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan/verifikasi dan menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi promosi yang dilakukan oleh pengelola wisata Tebing Breksi melalui instagram adalah dengan memanfaatkan instagram sebagai media promosi yang paling aktif digunakan. Penerapan strategi promosi pariwisata pada akun instagram @tebingbreksi_official yaitu melalui visualisasi atau foto dan vidio yang dibuat sebagus dan semenarik mungkin untuk menarik perhatian pengguna instagram lainnya dan didalam foto dan vidio yang diunggah kedalam akun @tebingbreksi_official tersebut berisi informasi seputaran Destinasi Wisata Tebing Breksi. Serta memanfaatkan fiturfitur yang disediakan oleh instagram yaitu, upload foto dan vidio, follower, hastag (#), arroba (@), repost, caption, feedback (like and comment), instastrory, highlight story. (2) analisi SWOT terhadap strategi promosi yang dilakukan pengelola Tebing Breksi melalui instagram: (a) kekuatannya adalah daya Tarik wisata yang dimiliki Tebing Breksi sangat unik, pengelola kompeten dalam mengoperasionalkan instagram, akses jaringan di Tebing Breksi lancar. (b) kelemahannya adalah kurangnya kemampuan pengelola dalam mengikuti hal-hal yang update pada instagram. (c) peluangnya adalah besarnya pengguna instagram di Indonesia, fitur-fitur yang ada pada instagram dapat dimanfaatkan oleh pengelola. (d) ancaman yang mungkin terjadi adalah pengguna instagram beralih ke aplikasi lain yang lebih trendi, ada aplikasi lain yang lebih menarik dan disukai banyak orang, ada aplikasi yang lebih baik dibidang marketplace dan lebih berpengaruh dibidang promosi. Saran penelitian ini adalah sebaiknya pengelola @tebingbreksi_official meningkatkan aktivitas promosi dengan jadwal yang konsisten terhadap pengunggahan foto dan vidio seputar Tebing Breksi dalam akun instagram Tebing breksi tersebut dan peneliti juga menyarankan agar pengelola lebih sering melakukan promosi berbayar melalui instagram serta melakukan promosi melalui endorse.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 417100473
Uncontrolled Keywords: analisis strategi promosi, destinasi wisata, tebing breksi
Subjects: Tourism > Tourism Destination
Economy > Marketing > Promotion
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 05:25
Last Modified: 08 Mar 2023 05:25
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item