Analisis Pasar Wisata di Malioboro

Purba, Ica Frenvenjelina (2022) Analisis Pasar Wisata di Malioboro. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf

Download (959kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (918kB)

Abstract

Perkembangan atraksi wisata di Malioboro menciptakan keberagaman wisatawan. Keberagaman ini mengakibatkan pasar wisata di Malioboro sulit untuk diidentifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik wisatawan di Malioboro berdasarkan profil geografis, demografis dan psikografis serta implikasinya terhadap pengembangan atraksi wisata di Malioboro. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui kuesioner, wawancara, observasi lapangan, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan profil geografis, Malioboro didominasi oleh wisatawan yang berasal dari luar DIY. Berdasarkan profil demografis, Malioboro didominasi oleh wisatawan berjenis kelamin perempuan dan berusia 21-30 tahun. Pekerjaan wisatawan adalah pelajar/mahasiswa dan riwayat pendidikan terakhir yaitu SMA/Sederajat dengan status belum menikah. Berdasarkan profil psikografis, Malioboro didominasi oleh wisatawan yang berkunjung bersama teman dengan motor pribadi, dan tidak menggunakan fasilitas penginapan. Sumber informasi berasal dari kerabat/rekan/teman dengan frekuensi kunjungan lebih dari 5 kali. wisatawan menghabiskan waktu kurang dari 1 jam dan pengeluaran kurang dari Rp. 100.000. Motivasi kunjungan didominasi dengan tujuan rekreasi yaitu menikmati kuliner dan memutuskan untuk berkunjung kembali karena mendapatkaan manfaat. Upaya pengembangan keunikan atraksi wisata di Malioboro dilakukan dengan menciptakan produk wisata yang memiliki karakteristik tersendiri sehingga mampu menampilkan ciri khas produk tersebut. Upaya pengembangan keindahan atraksi wisata dilakukan dengan pemeliharan produk wisata agar terus menampilkan eksistensinya. Sedangkan upaya pengembangan keberagaman atraksi wisata dilakukan dengan menambah pilihan produk wisata yang akan dijual kepada wisatawan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518100903
Uncontrolled Keywords: Pasar Wisata, Karakteristik Wisatawan, Pengembangan Atraksi Wisata
Subjects: Tourism
Economy > Market
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:19
Last Modified: 13 Mar 2023 07:19
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1392

Actions (login required)

View Item View Item