Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Garongan dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan

Permatasary, Poppy (2022) Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Garongan dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Desa Wisata Garongan sudah memiliki fasilitas berupa sarana dan prasarana yang memadai, berbagai atraksi juga sudah dapat dilakukan di Desa ini. Namun yang saat ini menjadi permasalahan adalah menurunnya tingkat kunjungan wisatawan pasca pandemic Covid-19. Beberapa faktor yang menghambat pemulihannya antara lain: rendahnya partisipasi masyarakat, kurangnya Sumber Daya Manusia yang paham akan pariwisata, minimnya promosi yang dilakukan, dan kurangnya regenerasi SDM pengelola. Pengembangan potensi pariwisata di Desa Wisata Garongan menjadi terhambat. Mengatasi hal tersebut, diperlukan sebuah strategi pengembangan potensi yang sesuai untuk dapat diterapkan oleh pengelola guna meningkatkan kualitas dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Desa Wisata Garongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan potensi Desa Wisata Garongan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawannya. Subjek penelitian ini adalah Pokdarwis dan masyarakat serta beberapa wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Garongan. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan potensi Desa Wisata Garongan. Berdasarkan analisis terhadap faktor internal dan eksternal terhadap potensi Desa Wisata Garongan dapat dilihat bahwa Matrix IE menunjukkan titik potong (3,36; 3,25) berada pada kuadran I yaitu posisi pertumbuhan, yang berarti Desa Wisata Garongan memiliki potensi yang sangat baik untuk dilakukan pengembangan agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Berdasarkan hasil matriks SWOT dan penelitian di Desa Wisata Garongan maka telah ditentukan strategi SO (strenght opportunity) yang dapat diterapkan yaitu: Memanfaatkan dukungan dari pemerintah untuk merangkul masyarakat, Menjalin Kerjasama dengan Perusahaan dan Institusi untuk memperindah kekayaan alam di Desa Wisata Garongan, Memanfaatkan media social dengan cara Membuat konten terkait keramahtamahan masyarakat, Keindahan alam, lokasi strategis, fasilitas yang lengkap dan suasana desa yang masih asri, Mulai aktif mempromosikan kenyamanan suasana desa kepada calon wisatawan di DIY, Lebih aktif menawarkan kepada komunitas tertentu sesuai dengan fasilitas yang dimiliki agar dapat meningkatkan penjualan, Membuat daya Tarik wisata baru dengan memanfaatkan trend wisata yang sedang diminati. Berdasarkan hasil anasilis internal dan eksternal ditemukan bahwa strategi yang paling baik untuk diterapkan dalam pengembangan potensi wisata di Desa Wisata Garongan adalah strategi yang dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada atau disebut sebagai Strategi SO.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518101006
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata, Community Based Tourism, Promosi Wisata
Subjects: Tourism > Tourist Village
Economy > Marketing > Promotion
Tourism > Community Based Tourism
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:50
Last Modified: 15 Mar 2023 03:50
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item View Item