Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Destinasi Wisata Kuliner di Kota Yogyakarta

Rasyid, Syafira Noor Amirah (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Destinasi Wisata Kuliner di Kota Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wisatawan berkunjung ke suatu objek wisata dipengaruhi oleh banyak faktor yang mendukung terciptanya sebuah keputusan, termasuk dalam berkunjung ke tempat wisata kuliner. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan pada destinasi wisata kuliner di Kota Yogyakarta dan menemukan faktor paling dominan yang mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan pada destinasi wisata kuliner di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan data berbasis kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survei. Lokasi penelitian berada di 3 lokasi yakni Teras Malioboro 1 dan 2, Komplek Keraton Yogyakarta, serta sentra PKL Jalan Mangkubumi Yogyakarta. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada 100 wisatawan yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), dan Lokasi (X4) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Y) pada destinasi wisata kuliner di Kota Yogyakarta dengan nilai F hitung sebesar 16.115 > 2.47 F tabel, artinya Ha1 diterima. (2) Faktor Produk (X1) memiliki nilai t hitung sebesar 1.619 < 1.98525 t tabel, Faktor Harga (X2) memiliki nilai t hitung sebesar 1.452 < 1.98525 t tabel, Faktor Promosi (X3) memiliki nilai t hitung sebesar 0.190 < 1.98525 t tabel, dan Faktor Lokasi memiliki nilai t hitung sebesar 4.384 > 1.98525 t tabel. sehingga Faktor Lokasi menjadi faktor yang paling dominan berpengaruh. sehingga Ha2 ditolak. Hasil determinasi sebesar 0.379 yang berarti 37.9% variabel Keputusan Berkunjung Wisatawan (Y) dipengaruhi oleh variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), dan Lokasi (X4).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518100883
Uncontrolled Keywords: Faktor-Faktor, Keputusan Berkunjung Wisatawan, Pengaruh, Wisata Kuliner
Subjects: Tourism > Tourism Destination
Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 06:44
Last Modified: 15 Mar 2023 06:44
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1445

Actions (login required)

View Item View Item