Pengaruh Online Travel Agent Traveloka Terhadap Penjualan Kamar di Hotel Royal Ambarrukmo

Candra, Dicky Dimas (2022) Pengaruh Online Travel Agent Traveloka Terhadap Penjualan Kamar di Hotel Royal Ambarrukmo. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (638kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Online Travel Agent Traveloka Terhadap Penjualan Kamar di Hotel Royal Ambarrukmo” dilatar belakangi oleh kemajuan teknologi yaitu munculnya online travel agent yang telah mengubah pola pemesanan kamar hotel dari tamu yang memesan kamar melalui biro perjalanan beralih memesan kamar melalui Online Travel Agent Traveloka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Online Travel Agent Traveloka terhadap penjualan kamar di Hotel Royal Ambarrukmo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden yang merupakan karyawan bekerja di departemen Sales & Marketing, Front Office, dan Accounting. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh dengan menjadikan keseluruhan populasi menjadi sampel penelitian. Metode pengumpulan data dalam bentuk penyebaran kuesioner kepada responden, dokumentasi, observasi, dan penelusuran melalui internet. Metode analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui persamaan regresi dan Uji R Square (R Square xv ) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Online Travel Agent Traveloka (X) terhadap variabel penjualan kamar (Y). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persamaan regresi Y = 17,110 + 0,615X. Konstata sebesar 17,110 menyatakan bahwa jika tidak ada Online Travel Agent Traveloka maka nilai penjualan kamar sebesar 17,110. Koefisien regresi X sebesar 0,615 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 nilai Online Travel Agent Traveloka, maka nilai penjualan kamar meningkat sebesar 0,615. Angka yang dihasilkan bernilai positif menunjukan bahwa variabel X berpengaruh positif terhadap variabel Y. Kemudian berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukan bahwa Online Travel Agent Traveloka memiliki pengaruh koefisien kontribusi regresi (R Square) sebesar 0,35 atau sebesar 35% dan sisanya 65% (10035%) di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam peneletian ini. Kesimpulanya adalah Online Travel Agent Traveloka memiliki pengaruh terhadap penjualan kamar di Hotel Royal Ambarrukmo namun Online Travel Agent Traveloka tidak sepenuhnya menjadi pengaruh utama yang mempengaruhi penjualan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 318101235
Uncontrolled Keywords: Online Travel Agent, Traveloka, Room Sales, Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta
Subjects: Economy > Marketing > Level of Sales
Tourism > Travel > Travel Agent
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:32
Last Modified: 27 Mar 2023 06:32
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

View Item View Item