Pengaruh Promosi Berbasis Media Sosial Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Gallery Prawirotaman Hotel Yogyakarta

Pasha, Ardita Eryananda (2017) Pengaruh Promosi Berbasis Media Sosial Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Gallery Prawirotaman Hotel Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saat ini, perkembangan pariwisata di Yogyakarta terbilang cukup pesat, ini berdampak dengan perkembangan bisnis hotel. Sehingga persaingan bisnis hotel menjadi lebih ketat. Bertumbuhnya teknologi informasi seperti media sosial juga banyak di manfaatkan oleh hotel untuk media promosi. Pelaku bisnis hotel harus memerhatikan kegunaan sosial media yang sesuai dengan target pasarnya sehingga pesan yang diberikan efektif, efisien dan memenuhi tujuan dari penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi berbasis media sosial terhadap keputusan tamu menginap. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Facebook dan Instagram dengan variabel terikat yaitu keputusan tamu menginap. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Jumlah sample dalam penelitian ini adalah 100 ressponden yang merupakan tamu dari Gallery Prawirotaman Hotel. Teknik analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari promosi berbasis media sosial terhadap keputusan tamu menginap di Gallery Prawirotaman Hotel. Hal itu dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (48,049 > 3,09) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai koefisien determinasi (R ) sebesar 0,498 yang menunjukkan bahwa variabel terikat yaitu keputusan tamu menginap dipengaruhi oleh variabel facebook dan instagram sebesar 49,8% sedangkan sisanya 50,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Media Sosial, Facebook, Instagram, Keputusan Tamu Menginap

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 313100649
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Facebook, Instagram, Keputusan Tamu Menginap
Subjects: Social Media
Hotel
Hotel > Guest
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 04 Jan 2020 04:53
Last Modified: 07 Jul 2020 02:51
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item View Item