Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Produk Olahan Mie Basah dari Tepung Gaplek

Fangati, Mei Sri (2022) Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Produk Olahan Mie Basah dari Tepung Gaplek. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tepung gaplek merupakan produk tepung berasal dari ubi kayu yang diproses dengan cara dikupas kulitnya dan dikeringkan secara alami kemudian ditumbuk atau digiling hingga berbentuk menjadi tepung. Pemanfaatan tepung gaplek dalam pembuatan mie basah dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan pproduk olahan yang berbahan dasar dari tepung gaplek dan untuk menggurangi ketergantungan masyarakat terhadap tepung terigu. Selain itu tepung gaplek juga mempunyai harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan tepung terigu. Berdasarkan hal tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Produk Olahan Mie Basah Dari Tepung Gaplek. Penelitian ini mencoba membuat mie basah dengan bahan utama tepung gaplek. Tujuan diadakan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pembutan mie basah dari tepung gaplek (2) untuk mengetahui produk mie basah tepung gaplek yang disukai konsumen dari aspek rasa, warna dan tekstur. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, yang mana responden pada penelitian ini adalah masyarakat di desa Barahan rt009/rw003 Tirtorahayu, Galur Kulon Progo dan juga masayrakat diluar geografis desa tersebut. Responden penelitian adalah sebanyak 15 orang. Peneliti memilih para responden yang terdiri dari para pedagang mie, orang penghobi mie dan juga expert atau cook yang ahli bidang kuliner. Tehnik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Tehnik analisis data menggunakan uji hedonik dan uji friedman. Hasil penelitian uji hipotesis menunjukan bahwa (1) ada perbedaan mie basah tepung gaplek ditinjau dari aspek rasa warna dan tekstur. Dibuktikan dengan nilai chi square hitung > chi square tabel yaitu 18.571 > 5.591 (taraf signifikasi 5%) yang berarti H o ditolak. (2) hasil dari penelitian mie basah tepung gaplek menyebabkan adanya perubahan yaitu dari aspek rasa yang sangat enak sekali, warna yang sangat menarik dan tekstur yang kenyal, hal ini dilihat dari total perbandingan nilai responden. Mean rank untuk aspek rasa sebesar 2.50, nilai mean rank dalam analisis uji friedman untuk aspek warna sebesar 2.17, dan nilai mean rank dalam analisis uji friedman untuk aspek tekstur sebesar 1.33. Maka dapat disimpulkan bahwa orang suka rasa pada mie basah tepung gaplek.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317101007
Uncontrolled Keywords: Tepung Gaplek, Mie Basah, Uji Hedonik, Uji Friedman
Subjects: Food and Beverage > Food Product
Economy > Customer and Consumer > Levels of Pleasure
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:33
Last Modified: 29 Mar 2023 03:33
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item