Strategi Bauran Pemasaran Dalam Mempertahankan Tingkat Occupancy Hotel New Saphir Yogyakarta Dalam Masa Pandemi Covid-19

Ambarwati, Sri (2022) Strategi Bauran Pemasaran Dalam Mempertahankan Tingkat Occupancy Hotel New Saphir Yogyakarta Dalam Masa Pandemi Covid-19. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Bauran Pemasaran Dalam Mempertahankan Tingkat Occupancy Hotel New Saphir Yogyakarta Dalam Masa Pandemi Covid19”. Hotel sendiri merupakan salah satu sarana akomodasi penunjang industri pariwisata sebagai tempat menginap sementara, namun seiring berjalanya waktu sektor pariwisata harus terhenti akibat adanya wabah Covid-19 yang juga berdampak kepada sektor penyedia jasa akomodasi seperti hotel yang hampir 10% gulung tikar akibat dampak wabah Covid-19 ini. Pengupayakan tentu dilakukan untuk keberlangsungan operasional hotel salah satunya Hotel New Saphir Yogyakarta, yang berusaha membuat strategi-strategi untuk mempertahankan operasioanal hotel salah satunya tingkat hunian kamar. Strategi yang dapat dilakukan adalah strategi dalam menghadapi persaingan dimasa pandemi ini adalah strategi harga, produk, pelayanan dan sebagainya. Dengan penerapan strategi pemasaran yang efektif diharapkan dapat meningkatkan peluang penjualan kamar. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh customer Hotel New Saphir Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah 100 responden. Metode analisa data menggunakan Korelasi Pearson Product Moment.Hasil penelitian ini didapatkan pengaruh 7 bauran pemasaran terhadap tingkat hunian kamar dari variabel product dengan hasil presentase sebesar 59,6% yang tergolong korelasi pearson product moment sedang terhadap tingkat hunian, variabel price dengan hasil presentase sebesar 52,1% yang tergolong korelasi pearson product moment sedang terhadap tingkat hunian, variabel place dengan hasil presentase sebesar 59,7% yang tergolong korelasi pearson product moment sedang terhadap tingkat hunian, variabel promotion dengan hasil presentase sebesar 75,9% yang tergolong korelasi pearson product moment kuat terhadap tingkat hunian, variabel people dengan hasil presentase sebesar 61,3% yang tergolong korelasi pearson product moment kuat, variabel process dengan hasil presentase sebesar 47,8% yang tergolong korelasi pearson product moment sedang terhadap tingkat hunian, dan variabel physical evidence dengan hasil presentase sebesar 30,8% yang tergolong korelasi pearson product moment lemah terhadap tingkat hunian. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil presentase diatas bahwa variabel promotion yang memiliki nilai presentase tertinggi dan kuat, sehingga variabel promotion lah yang paling berhubungan dan signifikan terhadap tingkat hunian kamar Hotel New Saphir Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 318101263
Uncontrolled Keywords: Tingkat hunian, Product, price, place, promotion, people, process, dan physical edvidence.
Subjects: Economy > Marketing > Marketing Strategy
Hotel Motel Restaurant > Room Occupancy Rate
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Mar 2023 05:29
Last Modified: 30 Mar 2023 05:29
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item View Item