Pengaruh Kompetensi Pramuwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Objek Wisata Tamansari

Wicaksono, Aldo Kristianto (2022) Pengaruh Kompetensi Pramuwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Objek Wisata Tamansari. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di Tamansari. Peneliti menemukan bahwa belum semua Pramuwisata Tamansari Yogyakarta (PTY) mengikuti Uji Kompetensi Skema Jasa Pramuwisata dan belum mampu menerapkan standar kompetensi Pramuwisata, sehingga hal ini berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung. Akibat dari adanya permasalahan ini ialah Pramuwisata mendapatkan komplain dari wisatawan yang berkunjung. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Pramuwisata terhadap kepuasan wisatawan di Objek Wisata Tamansari. Kompetensi yang meliputi pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), dan sikap (attitude). Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan membandingkan dua variabel yang berbeda. Variabel independent = Pengetahuan, = Keterampilan, = Sikap dengan variabel dependen Y = Kepuasan Wisatawan. Jumlah responden 50 orang wisatawan yang pernah berkunjung ke Tamansari dengan menggunakan Jasa Pramuwisata. Hasil Penelitian berdasarkan Uji Simultan F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,002. Disimpulkan bahwa variabel pengetahuan, keterampilan dan sikap secara bersamaan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan, karena berdasarkan nilai sig 0,002 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Koefisien determinasi (Adjusted R²) 0,851 yang artinya variabel pengetahuan, keterampilan dan sikap secara bersamaan mempengaruhi variabel kepuasan wisatawan dengan nilai sebesar 85,1%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 418100549
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pramuwisata, Kepuasan Wisatawan, Tamansari
Subjects: Tourism
Tourism > Guide
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:50
Last Modified: 04 Apr 2023 01:50
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1569

Actions (login required)

View Item View Item