Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Minatkunjungan Wisatawan di Upt Museum Balanga Kota Palangka Raya

Hundjeh, Madia Putriana (2022) Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Minatkunjungan Wisatawan di Upt Museum Balanga Kota Palangka Raya. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengambil judul “Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Di UPT Museum Balanga Kota Palangka Raya” yang bertujuan untuk mengetahui strategi promosi apa saja yang dapat dilakukan oleh pengelola museum untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode purposive sampling. Dalam penelitian ini sample yang digunakan sebanyak enam orang yang terdiri dari satu pengelola dan dan lima wisatawan, pengumpulan data juga didukung dengan observasi dan dokumentasi. Kemudian uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UPT Museum Balanga membutuhkan perbaikan dan peningkatan strategi promosi yang berdasarkan pada delapan bauran promosi. Terdapat empat metode promosi yang terpilih sebagai fokus perbaikan strategi promosi dan intens digunakan oleh UPT Museum Balanga yaitu Pengiklanan, Acara dan Pengalaman, Hubungan Masyarakat dan Publisitas, dan Pemasaran Online dan Media Sosial adalah bauran promosi yang secara intens digunakan oleh pengelola UPT Museum Balanga. Sedangkan empat metode lainnya yaitu Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung, Pemasaran Mobile dan Penjualan Personal adalah bauran promosi yang tidak menjadi fokus strategi promosi dan kurang intens digunakan karena data pengunjung yang tidak lengkap. Setelah melakukan penelitian, penulis berkesimpulan bahwa UPT Museum Balanga telah bekerjasama dengan media cetak (Kalteng Pos) dan media online (@infokalteng), lalu UPT Museum Balanga juga memiliki agenda tahunan yang wajib untuk dilakukan, pengelola UPT Museum Balanga telah bekerja sama dengan pihak sekolah-sekolah dan universitas yang ada di Kota Palangka Raya, selain itu UPT Museum Balanga juga memiliki akun Instagram dan Youtube sendiri yang bisa digunakan sebagai media untuk melakukan promosi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 421200194
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Bauran promosi, Museum Balanga, Strategi Promosi
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Economy > Marketing Strategy Test
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 08 Apr 2023 03:02
Last Modified: 08 Apr 2023 03:02
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item