Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Pangestu, Satria Aji (2022) Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Gembira Loka Zoo Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI, SATRIA AJI PANGESTU, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI, SATRIA AJI PANGESTU, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI, SATRIA AJI PANGESTU, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki berbagai daya tarik, salah satu objek wisata tersebut adalah Gembira Loka Zoo. Pengunjung bukan hanya berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tapi juga berasal dari luar Daerah DIY, namun ternyata masih terdapat masalah mengenai kepuasan pengunjung, untuk itu pengelola masih akan terus melakukan peningkatan fasilitas wisata dan kualitas pelayanan untuk memenuhi kepuasan pengunjung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas wisata dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di Gembira Loka Zoo. Metodologi penelitian ini menggunakann metode kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan tektnik Insidental Sampling dengan sampel sebanyak 100 responden pengunjung Gembira Loka Zoo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode skala likert. Hasil penelitian berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) sebesar 52,5% sedangkan sisanya 47,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis Uji F memperoleh nilai F hitung (>) F tabel (55,713 > 2,70) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel Fasilitas Wisata (X1), Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap variabel Kepuasan Pengunjung (Y). Adapun berdasarkan hasil analisis uji t, diketahui bahwa variabel Kualitas Pelayanan yang paling berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Pengunjung. Hal ini dikarenakan variabel Kualitas Pelayanan memiliki nilai koefisien beta paling tinggi (0,421) dibandingkan variabel Fasilitas Wisata yang memiliki nilai koefisien beta (0,369).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 418100543
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Wisata, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung, Gembira Loka Zoo.
Subjects: Tourism > Amenities (Facility)
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:07
Last Modified: 10 Apr 2023 02:07
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1604

Actions (login required)

View Item View Item