Kualitas Pemandu Wisata Museum Benteng Vredeburg Ditinjau dari Persepsi Wistawan

Radjab, Fahria H. (2023) Kualitas Pemandu Wisata Museum Benteng Vredeburg Ditinjau dari Persepsi Wistawan. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Fahria H. Radjab, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Fahria H. Radjab, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
Fahria H. Radjab, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Keberadaan wisata sejarah seperti Museum Benteng Vredeburg akan semakin menjanjikan karena kedepan wisatawan turis maupun domestic akan semakin memiliki kesadaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pemandu wisata yang diberikan Museum Benteng Vredeburg. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan mode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Lima demensi kualitas pelayanan yang digunakan meliputi tangible, responsiveness, assurance, empathy dan reliability yang ditanyakan kepada 61 responden menggunakan kuesioner di Museum Benteng Vredeburg. Hasil penelitian menunjukan bahwa demensi tangible memperoleh hasil nilai rata-rata yaitu (3,30) dari skala (Empat) yang dinyatakan kepada wisatawan ini berarti wisatawan mempersepsikan demensi tangible di Museum Benteng Vredeburg baik, demensi responsiveness memperoleh hasil nilai rata-rata (3,30) yang artinya respon pemandu pada wisatawan suda cukup baik serta pemandu juga menggunakan bahasa yang muda dipahami oleh wisatawan, demensi assurance memiliki nilai rata-rata yang cukup tinggi yaitu (3,38) penilaian tersebut dikarenakan pemandu wisata menjelaskan kepada wisatawan dari awal sejarah museum, demensi empathy memiliki nilai rata-rata (3,28) yang cukup rendah penelaian tersebut dikarenakan ada beberapa pemandu wisata yang terlewati beberapa koleksi di museum, demensi reliability dengan penilaian rata�rata (3,31) memiliki nilai yang cukup baik penilaian tersebut dikarenakan wisatawan yang puas dengan penjelasan pemandu wisata Museum Benteng Vredeburg.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 419100630
Uncontrolled Keywords: Museum Benteng Vredebug, Persepsi Wisatawan, Kualitas Pelayanan
Subjects: Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Ability
Tourism > Cultural Tourism
Tourism > Historical / Heritage Tourism
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Performance
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:02
Last Modified: 09 Nov 2023 06:02
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item