Strategi Pemasaran Destinasi Wisata Edukatif Memorial Jenderal Besar H.M. Soeharto Dalam Upaya Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan

Widiatmaka, Fendy (2017) Strategi Pemasaran Destinasi Wisata Edukatif Memorial Jenderal Besar H.M. Soeharto Dalam Upaya Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (675kB)

Abstract

Strategi Pemasaran Destinasi Wisata Edukatif Memorial Jenderal Besar H.M. Soeharto Dalam Upaya Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi secara optimal strategi pemasaran yang tepat untuk wisata edukatif Memorial Jenderal Besar H.M. Soeharto dalam upaya meningkatkan minat kunjungan wisatawan. Tipe penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif.Objek penelitian ini yaitu berupa menganalisa daya tarik edukasi yang ada dan menentukan strategi pemasaran yang tepat dengan daya tarik yang ada tersebut, dan selanjutnya menentukan promosi yang tepat untuk target pasar (targeting)di Memorial Jenderal Besar H.M. Soeharto.Teori yang digunakan mencakup tentang segmen pasar (segmentation), target pasar (targeting), memposisikan pasar (positioning)dan komunikasi pemasaran/promosi. Hasil penelitian menunjukan bahwa potensi daya tarik edukasi yang ada merupakan nilai-nilai sejarah perjuangan H.M. Soeharto untuk Bangsa Indonesia.Berdasarkan daya tarik edukasi yang ada maka dalam menentukan strategi pemasaran yangakandilakukan dengan berdasarkan konsep segmen pasar (segmentation), target pasar (targeting), danmemposisikan pasar (positioning).Untuk promosi kepada target pasar yang sudah ditentukan yaitu menggunakan konsep promosi dalam bentuk periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat(public relation),penjualan personal (personal selling) dan pemasaran langsung(direct marketing) sebagai upaya menarik target pasar tersebut agar minat kunjungan wisatawan meningkat.Motif menggunakan strategi pemasaran bentuk promosi tersebut yaitu, keefektifan dalam membujuk dan menyampaikan informasi tentang daya tarik secara langsung maupun tidak langsung kepada konsumen atau target pasar. Kata kunci: strategi pemasaran, wisata edukatif, Memorial Jenderal Besar H.M. Soeharto, segmen pasar (segmentation), target pasar (targeting), memposisikan pasar(positioning), komunikasi pemasaran/promosi, minat wisatawan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 515200059
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, wisata edukatif, segmen pasar (segmentation), target pasar (targeting), memposisikan pasar(positioning), komunikasi pemasaran/promosi, minat wisatawan.
Subjects: Tourism > Visitation Interest
Tourism > Educational Tours
Economy > Marketing > Promotion
Economy > Marketing > Marketing Strategy
Economy > Marketing > Marketing Distribution
Economy > Marketing > Market Segmentation
Divisions: Pariwisata-SI
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 03 May 2021 04:21
Last Modified: 03 May 2021 04:21
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item