Hubungan Spotfoto Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Millenial di Daya Tarik Wisata Taman Bungan Nusantara, Cianjur, Jawa Barat

Setiawan, Stefanus Dicky (2023) Hubungan Spotfoto Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Millenial di Daya Tarik Wisata Taman Bungan Nusantara, Cianjur, Jawa Barat. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Stefanus Dicky Setiawan, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (706kB)
[img] Text
Stefanus Dicky Setiawan, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Stefanus Dicky Setiawan, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (362kB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengambil judul “ Hubungan Spotfoto Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Millenial di Daya Tarik Wisata Taman Bunga Nusantara, Cianjur, Jawa Barat”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan spotfoto terhadap minat berkunjung wisatawan millennial di daya tarik wisata Taman Bunga Nusantara, Cianjur, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif asosiatif, yaitu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih dengan variabel independen Spotfoto (X) dan variabel dependen Minat Berkunjung Wisatawan (Y). Metode pengambilan sample yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode accidental sampling dengan sample berjumlah 100 responden. Sample dalam penelitian ini yaitu wisatawan yang belum pernah berkunjung ke Taman Bunga Nusantara dan termasuk kedalam generasi millennial atau lahir antara tahun 1980-2000. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji korelasi pearson product moment/ uji r, uji koefisien determinasi/ uji R2 dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan nilai yang diperoleh dari korelasi pearson product moment adalah 0,756 dan r tabel dengan n = 100 adalah 0,195. Karena nilai r hitung > r tabel maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif dan nyata antara spotfoto dengan minat berkunjung wisatawan. Dengan nilai interval korelasi 0,756 yang mengukur keeratan hubungan antara dua variabel yang berkisar antara 0.70 – 0.90 maka, kedua variabel memiliki hubungan yang kuat. Hasil uji R2 diperleh nilai sebesar 0,572 atau 57,2%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel spotfoto berpengaruh sebesar 57,2% terhadap variabel minat berkunjung wisatawan. Hasil stasistik uji t pada variabel spotfoto diperoleh nilai t hitung sebesar 11,437 dengan tingkat kesalahan 0,05 dan dk = n2. Oleh karena itu nilai t hitung > t tabel ( 11,437 > 1,98447 ) dan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 artinya dari hasil tersebut didapat kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terjadi korelasi yang siginifikan antara variabel spotfoto dengan minat berkunjung wisatawan di Taman Bunga Nusantara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 519101288
Uncontrolled Keywords: Spotfoto, Minat Berkunjung, Wisatawan Millenial, Taman Bunga Nusantara
Subjects: Tourism
Tourism > Tourism Attraction
Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2024 05:34
Last Modified: 23 Sep 2024 05:34
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2158

Actions (login required)

View Item View Item