Lintangsadewo, Kukuh Bekti (2017) Pengaruh Pelayanan Kualitas TIC (Tourism Information Center) Terhadap Kepuasan Wisatawan Kota Tenggarong. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (2MB) |
Abstract
TIC (Tourism Information Center) merupakan salah satu Tempat Pemberi Information atau pencari information wisata di Tenggarong. banyak menyimpan informasi dari seputar wisata, akomondasi. Sehingga kualitas pelayanan sangat penting dalam pemenuhan kepuasan wisatawan. Atas dasar tersebut penulis membuat penelitian dengan judul Pengaruh Kualitas Pelayanan TIC (Tourism Information Center) Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Kota Tenggarong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan yang diwakili oleh variabel tangibility, reliability, , assurance,dan empathyterhadap kepuasan wisatawan di TIC Tenggarong dan untuk mengetahui dimensi manakah yang paling mempengaruhi kepuasan wisatawan diTIC Tenggarong.Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, uji F, uji t dan uji determinasi dan uji Asumsi Klasik menggunakan program IBM SPSS Statistic 20. Hasil analisis regresi linier berganda didapatkan Y = 0.562 + 0.252X1 + 0.394X2 + 0.278X3 + 0.064X4 - 0.099X5. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan secara simultan dapat dijelaskan dengan melihat Fhitung sebesar 11.828 > dari Ftabel sebesar 2.31 dengan nilai signifkan 0.000 < dari taraf signifikan sebesar 0.05, maka Ha diterima, artinya hipotesa diterima dan ada pengaruh yang signifikan. pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan secara parsial pada masing-masing variabel yang meliputi tangibility (X1) berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat nilai thitung sebesar 2,105 > ttabel sebesar 1.994 dengan nilai signifikan 0.39 > dari taraf signifikan 0.05. reliability (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Hal ini dapat dibuktikan dengan meliat nilai thitung sebesar 2,961> ttabel sebesar 1.994 dengan nilai signifikan 0.004 < dari taraf signifikan 0.05. responsiveness (X3) berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung 2,397 > ttabel sebesar 1.994 dengan nilai signifikan 0.019 < dari probabilitas 0.05. assurance (X4) tidak berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat nilai thitung sebesar 0.442 < ttabel sebesar 1.994 dengan nilai signifikan 0.660 > dari probabilitas 0.05. Empathy (X5) tidak berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat nilai thitung sebesar -0.823 < ttabel sebesar 1.994 dengan nilai signifikan 0 413 > dari probabilitas 0.05. Variabel kualitas pelayanan berupa reliability (X2) merupakan dimensi yang paling mempengaruhi kepuasan wisatawan. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat nilai thitung sebesar 2,961 > ttabel sebesar 1.994, maka hipotesa diterima. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan adalah 44.0%.Sedangkan sisanya sebesar 56.2% menurut peneliti dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini, seperti mudahnya akses menuju TIC di tenggarong, mempermudah wisatawan mencari informasi dari berwisata, akomondasi dan keterbukaan pihak Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata kota Tenggarong terhdapat kritik dan saran wisatawan. Kata Kunci: tangibility, reliability, responsiveness, assurance, empathy , dan Kepuasan wisatawan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 512100142 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan |
Subjects: | Economy > Customer > Customer Satisfaction Corporate World > Human Resource Development > Employee > Service Quality |
Divisions: | Pariwisata-SI |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 18 May 2021 04:29 |
Last Modified: | 18 May 2021 04:29 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/228 |
Actions (login required)
View Item |