Sevi, Rahma Hardila (2017) Analisis Potensi Ekonomi Pariwisata Pantai Ngandong di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (612kB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (392kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang bagaimana pengembangan potensi ekonomi di Pantai Ngandong Gunungkidul. Kegiatan penyediaan jasa di Pantai Ngandong saat ini yang telah dilakukan oleh masyarakat sekitar sudah ada namun pemanfaatan potensi yang dapat bernilai ekonomi belum maksimal dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi-potensi apa saja yang terdapat di Pantai Ngandong yang bernilai ekonomi. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menetapkan strategi pengembangan dalam memaksimalkan potensi-potensi tersebut agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan cara melakukan survei langsung ke lapangan yang didasari dengan pengumpulan data, pendekatan, pengamatan, dan mengidentifikasi langsung potensi-potensi ekonomi di Pantai Ngandong. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat potensi-potensi yang belum dikelola secara maksimal oleh masyarakat sekitar Pantai Ngandong. Potensi-potensi yang dapat dikembangkan diantaranya dari segi sumberdaya manusia, atraksi-straksi wisata di Pantai Ngandong, dan pemaksimalan penyediaan jasa oleh masyarakat. Penelitian ini menunjukkan bahwa Pantai Ngandong memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Hasil analisis tabel IFAS dan EFAS menunjukkan bahwa potensi ekonomi di Pantai Ngandong terletak pada kuadran 1 yang artinya potensi tersebuat mempunyai kekuatan dan berpeluang untuk dikembangkan. Strategi untuk mengembangkan adalah sebagai berikut: 1) Strategi SO (strength-opportunity) meliputi meningkatkan promosi di media sosial, memaksimalkan kunjungan saat tradisi Labuhan, kebersihan pantai perlu terus dijaga, menjaga kualitas produk yang dijual di los pasar ikan, dan bekerja sama dengan dinas pariwisata untuk membekali masyarakat dengan keterampilan di bidang pariwisata. 2) Strategi WO (weakness-opportunity) meliputi menambah papan penunjuk jalan, memaksimalkan fasilitas yang sudah ada, diadakannya sarana transportasi bagi wisatawan oleh masyarakat, dan menambah variasi menu di rumah makan. 3) Strategi ST (strength – threat) meliputi perlu ditingkatkan dalam hal keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung, memaksimalkan pengembangan pantai, dan membuat peraturan dan papan larangan untuk tidak mencemari lingkungan. 4) Strategi WT (weakness – threat) meliputi menyediakan papan penunjuk jalan yang jelas terutama penunjuk untuk jalur evakuasi jika terjadi bencana dan menyediakan jasa ojek dan transportasi antar pantai bagi wisatawan. Kata Kunci: Potensi Ekonomi, Strategi, Pantai Ngandong Gunungkidul
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 513100237 |
Uncontrolled Keywords: | Potensi Ekonomi |
Subjects: | Economy Economy > Marketing > Marketing Strategy |
Divisions: | Pariwisata-SI |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 03:27 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 03:27 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/248 |
Actions (login required)
View Item |