Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Destinasi Wisata Posong Temanggung

Vadmalinda, Eva Yoshi (2021) Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Destinasi Wisata Posong Temanggung. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Destinasi Wisata Posong Temanggung merupakan salah satu objek wisata alam di Kabupaten Temanggung. Destinasi Wisata Posong Temanggung menyuguhkan pemandangan alam yang indah serta terdapat beberapa produk wisata seperti beberapa spot foto yang menarik dan beragam. Pengelola Destinasi Wisata Posong juga mempromosikan produk wisatanya ke media sosial yang dimiliki seperti Instagram, Facebook, Whatsapp. Kemudian wisatawan memanfaatkan akun media sosial tersebut sebagai sarana untuk mencari informasi terkait Destinasi Wisata Posong Temanggung sebelum mengunjungi destinasi wisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh media sosial terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Destinasi Wisata Posong Temanggung. Penelitian kuantitatif dilakukan kepada 100 wisatawan yang sedang mengunjungi Destinasi Wisata Posong. Cara pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden yang pernah mengakses akun sosial media Instagram, Facebook, Whatsapp milik Destinasi Wisata Posong . Alat uji yang digunakan itu dengan uji regresi linier berganda untuk melihat pengaruh media sosial terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial Instagram, Facebook, Whatsapp berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan secara simultan dengan fhitung sebesar 13,259. Sedangkan Instagram merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan secara parsial dengan thitung sebesar 2,513. Keseluruhan variabel yang digunakan dalam penelitian ini berpengaruh sebesar 27,1 % sedangkan 72,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100693
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Instagram, Facebook, Whatsapp, keputusan berkunjung.
Subjects: Tourism > Visitation Interest
Social Media
Divisions: Pariwisata-SI
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:32
Last Modified: 17 Dec 2021 03:32
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item