Korelasi Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Dengan Faktor Moderasi Karakteristik Wisatawan di Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Basri, Faradila (2021) Korelasi Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Dengan Faktor Moderasi Karakteristik Wisatawan di Gembira Loka Zoo Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu cara untuk mengetahui keputusan berkunjung wisatawan adalah dengan melakukan analisis tanggapan konsumen. Hal tersebut perlu diteliti lebih lanjut berkenaan dengan keputusan berkunjung dari wisatawan dalam pembelian produk. Harga adalah atribut paling yang dievaluasi oleh wisatawan sehingga sebuah perusahaan perlu benar-benar menyadari peran tersebut dalam memutuskan keputusan berkunjung wisatawan ke Gembira Loka Zoo. Minat seseorang untuk mengunjungi kebun binatang tentu dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya yaitu harga tiket masuk dan berdasarkan karakteristik wisatawan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada Hubungan Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Melalui Faktor Moderasi Karakteristik Wisatawan. Penelitian ini menggunakan metodologi dan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuisioner. Populasi pada penelitisan ini adalah wisatawan yang berusia 14 sampai 55 tahun dan wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Gembira Loka Zoo. Sampel pada penelitian ini seabnyak 70 orang yaitu jumlah indikator di kali 5 sampai 10 dengan pertimbangan atau kriteria tertentu yaitu wisatawan yang berusia 14 sampai 55 tahun dan pernah berkunjung ke Gembira Loka Zoo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai korelai parsial jenjang pertama mendapatkan nilai correlation variabel Harga dan Keputusan Berkunjung sebesar 0,417 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Nilai ini menunjukkan hubungan yang sedang dan positif. Berdasarkan nilai probabilitas 0,000 < 0,05 dan nilai t Parsial variabel X dan Y yaitu (3,783 > 1,667) t hitung > t tabel maka hubungan dinyatakan signifikan atau Ho ditolak. Artinya ada hubungan yang signifikan dan positif antara variabel harga dan keputusan berkunjung ke gembira loka zoo. Kemudian nilai correlation Karakteristik wisatawan dan Keputusan Berkunjung sebesar 0,035 dengan probalilitas 0,774 > 0,05. Nilai ini menunjukkan hubungan yang rendah dan positif. Berdasarkan nilai probabilitas 0,774 > 0,05 dan nilai t Parsial variabel Z dan Y yaitu (0,226 < 1,667) t hitung < t table maka hubungan dinyatakan tidak signifikan atau Ho diterima. Nilai correlation Harga dan Karakteristik wisatawan sebesar 0,025 dengan probabilitas 0,841 > 0,05. Nilai ini menunjukkan hubungan yang sangat rendah dan positif. Berdasarkan nilai probabilitas 0,841 > 0,05 dan nilai t Parsial variabel X dan Z yaitu (0,090 > 1,667) t hitung > t table maka hubungan dinyatakan tidak signifikan atau Ho diterima. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa karakteristik wisatawan dalam penelitian ini mengganggu variabel keputusan berkunjung. Tidak ada segmentasi dari usia, status pernikahan dan penghasilan sehingga siapa saja bisa berkunjung ke gembira loka zoo, dan harga tiket masuk termasuk dalam kategori murah sehingga seseorang yang berpenghasilan rendah juga dapat berkunjung ke gembira loka zoo.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100695
Uncontrolled Keywords: Harga Tiket Masuk, Karakteristik Wisatawan, Keputusan Berkunjung Wisatawan, Gembira Loka Zoo.
Subjects: Tourism > Visitation Interest
Tourism > Tourist / Traveler
Transportation > Ticketing and Reservation
Divisions: Pariwisata-SI
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 18 Dec 2021 03:53
Last Modified: 18 Dec 2021 03:53
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item