Pengaruh Nama Malioboro Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Yogyakarta

Putri, Andhika Deviany (2019) Pengaruh Nama Malioboro Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana pengaruh antara nama Malioboro (X) terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Yogyakarta (Y). Dengan menggunakan indikator brand sebagai media mempromosikan potensi daerah dan keunggulan wilayah demi memajukan kota. Brand dibuat dengan tujuan sebagai pembeda untuk menarik minat wisatawan. Dimana nama Malioboro merupakan sebuah pembeda dan ingatan bagi wisatawan, karena dengan menyebut nama Malioboro wisatawan akan ingat terhadap Yogyakarta. Banyak wisatawan mengatakan bahwa jika berkunjung ke Yogyakarta tidak mengunjungi Malioboro, maka belum merasakan suasana Yogyakarata karena Malioboro memiliki sejarah dan arti besar bagi Yogyakarata. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah para pengunjung/wisatawan yang datang ke Malioboro dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Hasil penelitian ini di dapat menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbrach alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji t dengan program IBM SPSS Statistic 24.0 dan juga melalui wawancara menggunakan teknik purposif yaitu dengan menunjuk responden tertentu yang dianggap dapat memberikan informasi terkait dengan pernyataan penelitian. Hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara nama Malioboro dan keputusan berkunjung wisatawan ke Yogyakarata Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil analisis data ditunjukan dari nilai t hitung > t tabel (3,593>2,01063), dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,001<0,05), koefisisen regresi mempunyai nilai positif 0,479 berarti Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan uji R sebesar 0,598 atau 59,8% sedangkan sisanya 40,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Artinya, masih terdapat variabel lainnya yang dapat mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan. Dan pada dasarnya keputusan berkunjung juga dapat dikatakan atau berpengaruh langsung terhadap keputusan “pembelian” wisatawan berdasarkan 2 apa yang ingin dibeli atau didapat oleh wisatawan. Keputusan berkunjung didapat melalui proses pertimbangan berbagai aspek. Sehingga secara tidak langsung ketika keputusan untuk berkunjung telah dibuat oleh seorang wisatawan, keputusan tersebut merupakan keputusan matang dimana tujuan wisata yang dipilih merupakan tujuan wisata yang memang dirasa mampu untuk memenuhi keinginan wisatawan. Oleh karena itu, keadaan diatas sudah sesuai dengan teori yang ada yaitu mengenai brand, jika sebuah nama terbukti mempengaruhi keputusan berkunjung, maka dapat di katakan nama Malioboro layak menjadi sebuah brand untuk kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 514100373
Uncontrolled Keywords: Brand, Malioboro, Keputusan Berkunjung.
Subjects: Tourism > Visitation
Economy > Marketing > Marketing Strategy > Branding
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:28
Last Modified: 05 Jan 2022 04:28
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item