Ratnaningsih, Desi (2019) Penerapan Service Quality pada Sumber Daya Manusia di Indonesian Railway Museum Ambarawa. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan service quality pada sumber daya manusia di Indonesian Railway Museum. Penelitian ini bersifat kualitatif melalui proses wawacara dengan lima informan yaitu supervisor, kepala stasiun, petugas loket, petugas boarding dan petugas kebersihan dan keindahan. Peneliti menargetkan lima informan tersebut karena mereka merupakan pihak yang secara langsung bekerja dan memiliki informasi detail mengenai objek penelitian. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi sehingga. Dari kelima informan, diperoleh jawaban yang dapat diolah menjadi data. Penelitian dilakukan mulai tanggal 26 Januari 2019 hingga 26 Februari 2019. Untuk menguji kebenaran, sistematis, konsistensi, rasionalitas, dan keakuratan data terhadap kejadian nyata di lapangan. Secara teknis, metode kabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan menggunakan bahan referensi. Data kualitatif didominasi melalui sumber primer oleh informan. Data sekunder yang peneliti gunakan adalah sumber dari Fitzsimmons bersaudara dalam Sulastiyono (2011:35-36). Pengolahan data menggunakan konsep Reliabilitas (Reliability), Responsif (Responsiveness), Kepastian atau jaminan (Assurance), Empati (Empathy), Nyata (Tangibles). Dari hasil kesimpulan bahwa di Indonesian Railway Museum berhasil menerapkan service quality pada sumber daya manusia di Indonesian Railway Museum. Hal yang paling dominan mendasari service quality diantara indikator – indikator yang lain adalah Empaty (Empathy). Empati menjadi indikator yang memenuhi unsur fokus dalam kinerja, kepedulian terhadap wisatawan disabilitas, tidak memandang status sosial, dan pemantapan visi serta misi perusahaan pada karyawan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 515100447 |
Uncontrolled Keywords: | service quality, sumber daya manusia |
Subjects: | Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development Science > Archeology > Museum Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 07:06 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 07:06 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/546 |
Actions (login required)
View Item |