Gesa, Lisa B. (2019) Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Mini Zoo Jogja Exotarium Education Center. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (372kB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (882kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul pelatihan dan pengembangan SDM sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Mini Zoo Jogja Exotarium Education Center.Pelatihan dan pengembangan SDM manusia adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan dalam memfasilitasi karyawan agar memiliki pengetahuan, keahlian dan sikap yang dibutuhkan dalam menangani pekerjaan saat ini maupun masa yang akan datang. Pelatihan dan pengembangan SDM merupakan hal yang penting dalam suatu organisasi atau perusahaan, agar terciptakan karyawan yang berkualitas serta akan terciptanya kualitas pelayanan yang baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menguraikan data dari hasil wawancara, kuesioner, observasi, dokumentasi dan studi pustaka yang diperoleh selama penelitian dilakukan. Wawancara ditujukan kepada direktur, manager SDM dan karyawan Mini Zoo, sedangkan Kuesioner ditujukan kepada wisatawan Mini Zoo. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bahwa pelatihan dan pengembangan sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Mini zoo jogja exotarium education center. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pihak pengelola mini zoo masih kurang optimal dalam menyelenggarakan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, terbukti dari hasil respon positif wisatawan terhadap kualitas pelayanan pada indikator Assurance adalah 100%. Sedangkan, respon negatif wisatawan pada indikator Tangible adalah 33% dan empahty 30%. Hal ini berarti pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia masih belum maksimal, Sehingga sebaiknya lebih meningkatkan pelatihan dan pengembangan secara sistematis sesuai dengan keterampilan yang dibutuhkan karyawan dalam menangani pekerjaan agar terciptanya kualitas pelayanan yang semakin baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 515100530 |
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan dan Pengembangan SDM, Kualitas Pelayanan, Mini Zoo |
Subjects: | Tourism > Tourism Development Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality Science > Environmental Science > Conservation > Animal Conservation > Zoological Park |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 02:14 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 02:33 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/548 |
Actions (login required)
View Item |