Nugraheni, Wulan Dwi (2019) Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten Dalam Melakukan Branding Lurik Melalui Kegiatan KLC (Klaten Lurik Carnival). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (314kB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (717kB) |
Abstract
Penelitan ini berjudul Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten Dalam Melakukan Branding Lurik Melalui Kegiatan KLC (Klaten Lurik Carnival). Tujuan penelitian ini adalah untuk :1) Mengetahui upaya apa saja yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten dalam melakukan branding lurik sebagai produk kearifan lokal Kabupaten Klaten, 2) Mengetahui prediksi tingkat penjualan kain lurik pada masa mendatang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik cuplikan purpossive sampling dan snowball dimana informan yang dipilih adalah Kepala Bidang Pariwisata, Kasi Pembinaan dan Pemasaran Pariwisata dan Kasi Seni Budaya Kabupaten Klaten serta 5 sampel pengrajin lurik. Adapun sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik penggumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilaksanakan adalah triangulasi. Data akan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, metode analisis deskriptif, dan uji berkala. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa upaya – upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten adalah 1) Dinas Kebudayaan telah mengirim tim kesenian ke ajang pameran di TMII, Memperkenalkan Tari Luyung sebagai tari daerah Klaten, Mengadakan kegiatan Klaten Lurik Carnival. 2) Dinas Pariwisata telah megikuti pameran produk-produk unggulan daerah ditingkat provinsi dan nasional, mengadakan pemilihan Putra dan Putri Lurik . 3) Dari pihak Sekretaris Daerah adalah dengan menggeluarkan surat edaran pemakaian pakaian dinas di lingkungan pemerintah Kabupaten Klaten, pada hari Kamis seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dijadwalkan mengenakan pakaian dinas harian (PDH) tenun tradisional (lurik produk lokal). 4) Dari hasil uji berkala atau time series yang digunakan untuk mengetahui tingkat penjualan lurik, dapat diketahui bahwa pada penelitian ini menggunakan persamaan trend linier dengan penentuan persamaan trend liniernya menggunakan Metode Kuadrat Terkecil dimana a= 47708333,3danb = 611013,986 sehingga dapat diketahui persamaan trend penjualan kain lurik pada minggu ke 5 bulan Mei sebesar 60.539.627 untuk 5 home industry lurik yang menjadi sampel.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 515100513 |
Uncontrolled Keywords: | Branding, KLC (Klaten Lurik Carnival), Persamaan Trend |
Subjects: | Economy > Marketing > Marketing Strategy > Branding |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 07:40 |
Last Modified: | 15 Jan 2022 04:02 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/589 |
Actions (login required)
View Item |