Efektivitas Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Pariwisata Garuda Wisnu Kencana (GWK ) Cultural Park, Bali

Afriliyani, . (2020) Efektivitas Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Pariwisata Garuda Wisnu Kencana (GWK ) Cultural Park, Bali. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media sosial instagram merupakan salah satu aktivitas promosi yang dilakukan oleh Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park dalam memberikan informasi, sehingga dapat membuat followers mereka terpengaruh untuk datang berkunjung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui korelasi antara karakteristik follower dan keterdedahan media dengan efektivitas promosi melalui instagram @gwkbali. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara accidental sampling dengan jumlah sebanyak 100 responden yang merupakan followers instagram @gwkbali. Metode pada pengujian data kuesioner menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan untuk uji analisis data menggunakan uji Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal. Pertama, Ho1 diterima dan Ha di tolak, karena karakteristik followers tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap efektivitas promosi melalui tahap AIDA, hal ini dibuktikan dengan nilai r hitung -0,040 < r tabel 0,195 dan nilai signifikansi 0,428 > 0,05 sedangkan niali t hitung -0,796 < t tabel 1,660 dengan nilai signifikansi 0,428 > 0,05. Kedua, Ho2 di tolak dan Ha diterima, karena keterdedahan media memiliki hubungan yang positif, cukup kuat dan signifikansi terhadap efektivitas promosi, hal ini dibuktikan dengan nilai r hitung 0,422 > 0,195 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sedangkan nilai t hitung 4,652 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Ketiga, aktivitas promosi yang dilakukan oleh GWK Cultural Park Bali melalui media sosial instagram @gwkbali cukup efektif melalui tahap attention (perhatian), interest (ketertarikan), desire (keinginan) dan action (tindakan).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100632
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Promosi, Media Sosial, Karakteristik Followers
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Social Media
Tourism > Cultural Tourism
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:30
Last Modified: 25 Jan 2022 03:04
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item