Raraninggar, Meryda Lady (2020) Strategi Promosi dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawa di Destinasi Wisata Watu Rumpuk Kabupaten Madiun. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (504kB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Destinasi Wisata Watu Rumpuk Kabupaten Madiun yang menarik untuk di teliti, karena strategi promosi merupakan variabel khusus pemasaran untuk menarik perhatian wisatawan potensial ke destinasi tertentu dan menikmati berbagai kegiatan yang direncanakan dalam pariwisata. Fokus masalah yang diambil oleh peneliti yaitu bagaiamana strategi promosi yang dilakukan pengelola dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Destinasi Wisata Watu Rumpuk Kabupaten Madiun. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan pengelola dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Destinasi Wisata Watu Rumpuk Kabupaten Madiun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis SWOT melalui beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, kuisioner, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa destinasi wisata watu rumpuk berada pada kuadran 3 pada analisis SWOT. Berarti dengan keadaan faktor ini menunjukkan keadaan destinasi wisata watu rumpuk menghadapi peluang pasar yang sangat besar, tetapi dilain pihak Destinasi Wisata Watu Rumpuk menghadapi beberapa kendala atau kelemahan internal. Kuadran 3 menghasilkan strategi Weaknesses dan Opportunity (WO) dimana strategi tercipta anatara lain membuat website khusus destinasi wisata watu rumpuk atau media sosial secara menarik yang berisikan tentang informasi terkait destinasi, membuat baliho atau space iklan yang berisikan tentang destinasi wisata watu rumpuk agar wisatawan tertarik untuk berkunjung, dan destinasi wisata watu rumpuk dalam melakukan strategi promosi harus lebih efektif misalnya menjalin kerjasama dengan pers untuk membantu mempromosikan. Perbedaan penelitian ini dengan penelitianpenelitian terdahulu adalah perbedaan yang diteliti yaitu penelitian terdahulu lebih banyak menekankan pada strategi promosi dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan. sedangkan penelitian ini meneliti secara lebih menyeluruh mengenai strategi promosi yang dilakukan pengelola destinasi wisata watu rumpuk kabupaten madiun dalam meningkatkan kunjungan wisatawan menggunakan bauran promosi (promosion mix). Setelah menemukan bauran promosi peneliti menentukan SWOT.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 516100610 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan |
Subjects: | Tourism > Visitation Tourism > Tourist / Traveler Economy > Marketing > Promotion |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 02:38 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 02:38 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/822 |
Actions (login required)
View Item |