Analisis Pelatihan dan Pengembangan Dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik (Studi Kasus : SMK Karya Rini Yogyakarta Program Studi Perhotelan)

Fatimah, Siti (2020) Analisis Pelatihan dan Pengembangan Dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik (Studi Kasus : SMK Karya Rini Yogyakarta Program Studi Perhotelan). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (3MB)

Abstract

SMK Karya Rini merupakan salah satu sekolah swasta berstandar Nasional dengan memiliki 2 bidang keahlian yaitu bidang studi keahlian Tata Busana dan Akomodasi Perhotelan dengan menerapkan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) serta memiliki peringkat prestasi yang cukup baik di Kabupaten Sleman maupun Provinsi DIY. Sebagaimana diakui guru memainkan peran strategis dalam proses pembelajaran dan alih pengetahuan kepada murid. Kompetensi mereka sering menjadi sorotan publik karena masih rendah dan belum sesuai dengan standar regional maupun internasional rendahnya mutu tersebut diduga akibat kesalahan metode rekrutmen guru, pelatihan dan pengembangan, mengenai kebutuhan dan aspirasi tenaga pendidik untuk peningkatan proses pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan adalah kualitatif menggunakan metode diskriptif, yaitu dengan mengadakan pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi kemudian di analisa dilakukan suatu pendekatan yang menjadi dasar penyusunan konsep program pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik jurusan perhotelan SMK Karya Rini diwujudkan dengan aktif mengikuti beberapa kegiatan pelatihan seperti pembuatan administrasi guru berupa Silabus, RPP dan Sosialisi merdeka belajar. Sedangkan kegiatan pengembangan kompetensi seperti kegiatan sertifikasi kompetensi pada masing-masing bidang keahlian. Hasil analisa menunjukan bahwa tenaga pendidik jurusan perhotelan mengikuti setiap kegiatan pelaksanaan pelatihan dan pengembangan serta memiliki sertifikat kompetensi sesuai bidangnya dalam memotivasi kinerjanya untuk mengembangkan diri guna meningkatkan kualitas tenaga pendidik baik internal maupun eksternal, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan terwujudnya lulusan peserta didik yang berkompeten.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100625
Uncontrolled Keywords: Pelatihan dan Pengembangan, Kualitas SDM, dan Tenaga Didik
Subjects: Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Training
Education > School > High School > Vocational High School
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:27
Last Modified: 15 Feb 2022 07:27
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item View Item