Perbandingan Efektivitas Strategi Marketing Konvensional dengan Digital Marketing pada Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta

Febriyani, Vivi (2020) Perbandingan Efektivitas Strategi Marketing Konvensional dengan Digital Marketing pada Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hotel merupakan salah satu usaha pada bidang jasa dengan lajunya perkembangan jaman industri di dunia perhotelan memiliki banyak pesaing. Oleh karena itu diperlukannya ide kreatif dalam melakukan pemasaran. Dewasa ini pemasaran tidak hanya dilakukan dengan cara bertemu langsung ataupun disebut dengan konvensional. Perkembangan jaman terkini yang akrab dikenal dengan industri 4.0 menjadikan pemasaran berkembang mengikuti arus jamannya. Media digital menjadi pilihan dari sales marketing departement untuk melayangkan tawaran kepada konsumen dengan cara pemasaran secara digital atau dengan cara online. Yang dimana dilakukan dengan cara tidak bertemu langsung atau bertatap muka dengan konsumen. Melihat kedua perbandingan strategi marketing tersebut, maka penulis mengadakan penelitian dengan judul “Efektivitas Strategi Marketing Konvensional dengan Digital Marketing pada Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta”. Penelitian ini berlokasi di jalan Gowongan Kidul nomor 33-49 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas dari kedua strategi marketing yang digunakan pada hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dimana menggunakan metode pengumpulan data, observasi dengan pengamatan secara langsung dan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data dengan jumlah responden 30 responden yang dibagi menjadi 8 responden dari staff sales marketing departemen, dan 22 responden dari tamu hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Konvensional Marketing menjadi strategi yang lebih efektif menurut staff sales marketing departemen dan tamu hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta. Hasil penguji analisis wilcoxon dengan membandingkan kedua strategi dan mengambil data uji analisis dari staff sales marketing bahwa hasil signifikansi p-value sebesar 0,041(<0,05) maka Ho ditolak atau Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbadaan dari efektivitas strategi marketing konvensional dengan digital marketing. Dari data uji analisis wilxocon dari sample staff sales marketing departemen perbandingan konvensional marketing dengan digital marketing menunjukan bahwa negative ranks atau sampel dari digital marketing lebih kecil dari sampel konvensional marketing adalah sebanyak 6 sampel. Positive ranks atau sampel dari digital marketing lebih besar dari konvensional marketing adalah 2 sampel. Ties atau sampel dari digital marketing sama besar dengan konvensional marketing 0 sampel. Dan dari uji analisis wilcoxon dari sample tamu hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta menunjukan bahwa negative ranks atau sampel dari digital marketing lebih kecil dari sampel konvensional marketing adalah sebanyak 14 sampel. Positive ranks atau sampel dari digital marketing lebih besar dari konvensional marketing adalah 5 sampel. Ties atau sampel dari digital marketing sama besar dengan konvensional marketing 3 sampel. Dapat disimpulkan bahwa menurut kedua jenis sample, strategi konvesional marketing menjadi lebih dipilih oleh staff sales marketing departement dan tamu hotel Horison Ultima Riss Yogykarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 315100786
Uncontrolled Keywords: Perbandingan Efektivitas, Strategi Konvensional, Digital Marketing.
Subjects: Economy > Marketing > Marketing Strategy
Hotel Motel Restaurant
Economy > Marketing > Digital Marketing
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 19 Mar 2022 05:07
Last Modified: 19 Mar 2022 05:07
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item