Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Berkunjung di Desa Wisata Bromonilan, Sleman

Idris, Nurul Muslihati (2021) Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Berkunjung di Desa Wisata Bromonilan, Sleman. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth yang terdiri dari dimensi concern for others, expressing positive feelings, and helping the company baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan berkunjung di Desa Wisata Bromonilan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung dan pengikut akun instagram Desa Wisata Bromonilan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai r square atau nilai r2 sebesar 0,650 (65,0%), hal tersebut berarti dimensi electronic word of mouth yang terdiri dari concern for others, expressing positive feelings, dan helping the company memberikan pengaruh sebesar 65,0% terhadap keputusan berkunjung di Desa Wisata Bromonilan sedangkan sisanya sebesar 35,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun hasil menunjukkan Ha1 diterima bahwa benar terdapat pengaruh signifikan secara simultan dimensi electronic word of mouth yang terdiri dari concern for others, expressing positive feelings, dan helping the company terhadap keputusan berkunjung di Desa Wisata Bromonilan, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji F yaitu F hitung lebih besar dari F tabel (62,206 > 2,70) dan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil uji t dengan penjabaran bahwa dimensi concern for others (X1) menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,931 > 1,660) dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,004 < 0,05), dimensi expressing positive feelings (X2) menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,204 > 1,660) dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan dimensi helping the company (X3) menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,028 > 1,660) dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat dinyatakan Ha2 diterima bahwa benar dimensi expressing positive feelings yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan berkunjung di Desa Wisata Bromonilan. Adapun saran yaitu diharapkan pihak pengelola lebih aktif untuk update informasi atau kegiatan terbaru di akun instagram Desa Wisata Bromonilan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 519200109
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Concern for Others, Expressing Positive Feelings, dan Helping the Company, Keputusan Berkunjung.
Subjects: Tourism > Visitation
Tourism > Tourist Village
Social Media
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:30
Last Modified: 17 Jan 2022 04:30
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item