Anisa, Nurul Mela (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Guest Relation Officer Terhadap Kepuasan Tamu di Horison Ultima Riss Malioboro Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
NURUL MELA ANISA, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
NURUL MELA ANISA, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
NURUL MELA ANISA, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Pelayanan yang baik di dalam suatu hotel akan menciptakan kepuasan bagi para tamu, oleh karena itu suatu hotel harus memiliki pelayanan yang baik. Pelayanan yang dimaksud mengenai hal apa yang dapat mempengaruhi kepuasan tamu. Penelitian ini mencoba menunjukan pengaruh dari pelayanan Guest Realtion Officer terhadap kepuasaan tamu. Tujuan dari penelitian ini adalah menganilisis pengaruh kualitas pelayanan Guest Relation Officer terhadap kepuasan tamu secara parsial maupun simultan pada Hotel Horison Ultima Riss Malioboro Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Vvriabel bebas dalam penelitian ini adalah reability (X1), responsiveness (X2), assurance (X3), empathy (X4), tangible (X5). Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang datang ke Horison Ultima Riss Malioboro Yogyakarta. Jumlah sampel penelitian sebanyak 50 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Uji validitas dan uji reliabilitas digunakan untuk menguji alat ukur. Berdasarkan hasil penelitian mempelihatkan dari uji F diketahui bahwa variabel reability, responsiveness, assurance, empathy, tangible berpengaruh terhadap Kepuasan Tamu dibuktikan dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 18,525 > F table 3,21. Uji t memperlihatkan kesimpulan bahwa berdasarkan hasil Uji t diketahui koefisien B (X1) 6.535, (X2) 5.843, (X3) 5.355, (X4) 8.573, (X5) 7.596. Sehingga nilai X terbesar adalah 8.573, dengan demikian dimensi yang paling berpengaruh adalah variabel (X4) atau variabel empathy. Persamaan Garis Regresi Linier Berganda pada penelitian ini yaitu Y = 1.085 + 0,210 X1 + (-0,144) (X2) + (-0,066) (X3) + 0,524 (X4) + 0,360 (X5) + e. Dengan ketiga uji tersebut semua variabel berpengaruh positif dan signifikan atau dapat disimpulkan secara statistik Ha 1 diterima dan empathy menjadi variabel paling berpengaruh atau Ha xv 2 diterima .
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 318101293 |
Uncontrolled Keywords: | responsiveness; assurance; tangible; empathy; reliability; kepuasan tamu. |
Subjects: | Hotel Motel Restaurant > Guest > Guest Satisfaction Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:03 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 04:03 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1542 |
Actions (login required)
View Item |