Restanura, Allis (2022) Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Taman Tebing Breksi Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (1MB) |
Abstract
Destinasi wisata Taman Tebing Breksi merupakan destinasi wisata yang populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan. Namun, dua tahun belakangan ini jumlah kunjungan wisatawan di Taman Tebing Breksi cenderung mengalami penurunan. Terkait fenomena tersebut perlu adanya upaya antisipasif, salah satunya dengan menerapkan digital marketing sebagai media promosi. Misalnya dengan memanfaatkan media sosial instagram guna mempromosikan destinasi. Bukan hanya itu, untuk memudahkan calon wisatawan untuk memperoleh suatu informasi yang lengkap dapat dengan menyediakan akses website. Namun fakta dilapangan, penerapan digital marketing seperti diatas belum maksimal sebagai upaya untuk mengantisipasi penurunan jumlah kunjungan wisatawan di Tebing Breksi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap minat kunjung wisatawan di Taman Tebing Breksi Yogyakarta. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian kausal kuantitatif dengan variabel independent digital marketing (X) dan variabel dependent minat kunjung wisatawan (Y). Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitan ini adalah teknik simple random sampling dengan sampel berjumlah 100 responden dengan kriteria. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji resgresi linier sederhana, uji t, dan uji R square (R 2 ). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji koefisien regresi atau nilai (b) sebesar 0,569 (positif). Hasil ini menunjukan pengaruh yang searah, artinya setiap penambahan kualitas digital marketing, maka akan meningkatkan minat kunjung wisatawan sebesar 0,569. Uji t yang mengatakan bahwa nilai t hitung > t (6,806 > 1,987) maka hipotesis (H0) ditolak, artinya ada pengaruh antara variabel digital marketing (X) terhadap variabel minat kunjung wisatawan di Taman Tebing Breksi (Y). Nilai R Square sebesar 0,321 yang berarti bahwa variabel bebas digital marketing (X) berpengaruh sebesar 32% terhadap variabel terkait minat kunjung wisatawan (Y). Adanya pengaruh digital marketing (media sosial instagram dan website) terhadap minat kunjung wisatawan di taman tebing breksi Yogyakarta. tabel
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 418100551 |
Uncontrolled Keywords: | Minat kunjung , digital marketing, instagram, website, tebing breksi. |
Subjects: | Social Media Economy > Marketing > Digital Marketing Hotel Motel Restaurant > Guest > Visit Interests |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 01:56 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 01:56 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1570 |
Actions (login required)
View Item |