Analisis Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Patio Restoran di Plataran Borobudur Resort & Spa

Putra, Renda Hartana (2023) Analisis Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Patio Restoran di Plataran Borobudur Resort & Spa. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Renda Hartana Putra, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Renda Hartana Putra, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[img] Text
Renda Hartana Putra, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada saat ini banyak sekali kemajuan pada dunia kuliner yang selalu mendominasi, sebagai salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Pelaku usaha dituntut memahami keinginan dan kebutuhan konsumen, diantaranya adalah kualitas pelayanan dan lokasi. Patio restoran merupakan sebuah usaha pelayanan makanan dan minuman yang didirikan pada tahun 2009. Patio restoran adalah salah satu dari lima resto yang ada di Plataran Borobudur Resort & Spa. Patio restoran terletak di Jalan Dusun Tanjungan, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Patio restoran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dan berdasarkan tujuan peneliti yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik dalam analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan pengujian SPSS 27. Hasil penelitian menunjukan hasil uji t kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, karena dalam hasil uji t diperoleh t hitung 1,957 dan t tabel 2,062 sehingga Ha1 ditolak, tidak terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil uji t variabel lokasi berpengaruh dengan hasil uji t nilai t hitung 6,502 dan t tabel 2,026. Dengan ini Ha2 dapat diterima dan signifikan. Untuk hasil Uji F kualitas pelayanan dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hasil uji F diperoleh F hitung > F tabel (47,261 > 3,24), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk hasil Uji R diperoleh Adjusted R Square sebesar 0,705 atau sama dengan 0,705x100% = 70,5%. yang artinya keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh kualitas pelayanan (X₁) dan lokasi (X₂) sebesar 70,5%. sedangkan sisanya 29,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti harga, tingkat kepuasan, kualitas produk dan cita rasa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 319101522
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Lokasi, Keputusan Pembelian
Subjects: Hotel Motel Restaurant
Economy > Customer and Consumer > Customer / Consumer Decision
Economy > Customer and Consumer > Shopping
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 25 Feb 2025 07:48
Last Modified: 25 Feb 2025 07:48
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2297

Actions (login required)

View Item View Item