Pengaruh Kualitas Pelayanan di Guest Room Area Terhadap Kepuasan Tamu Hotel Ulu Segara Luxury Suites and Villas Bali

Aprilianto, Muhamad Faisal (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan di Guest Room Area Terhadap Kepuasan Tamu Hotel Ulu Segara Luxury Suites and Villas Bali. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Muhamad Faisal Aprilianto, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhamad Faisal Aprilianto, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Muhamad Faisal Aprilianto, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan di guest room area, yaitu: Kebersihan, Kerapian, dan Kelengkapan terhadap kepuasan tamu di Hotel. Untuk mencapai kepuasan tamu, Housekeeping khususnya room attendant memiliki peran penting dalam menjaga kualiatas kenyamanan fasilitas berbentuk fisik, dan hasil tugas, dari keduanya berdampak saat pertama kali tamu masuk kamar, yang pertama kali tamu lihat adalah kebersihan, kerapian serta kelengkapan fasilitas di dalam kamar tersebut. Efek yang diberikan jika kualitas kamar tidak sesuai dengan keinginan mereka, maka kepuasan mereka juga akan menurun dan menimbulkan rasa kekecewaan. Dari latar belakang diatas maka penulis memilih judul yaitu “Pengaruh Kualitas Pelayanan di Guest Room Area terhadap Kepuasan Tamu Hotel Ulu Segara Luxury Suites and Villas Bali” Jenis penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 100 orang responden dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, Uji F, Uji T dan Uji Koefisiensi Determinasi untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan di guest room area terhadap kepuasan tamu. Hasil penelitian diketahui bahwa kualitas pelayanan di guest room area yaitu kebersihan, kerapian, dan kelengkapan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui hasil Uji Anova/Uji F, dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 23.859 > 2.699. Melalui hasil Uji t, kerapihan merupakan item yang paling berpengaruh terhadap kepuasan tamu Hotel Ulu Segara Luxury Suites and Villas Bali dengan nilai koefisien kerapihan bernilai positif 0.475 dan nilai thitung sebesar (4.586 > 1.66088) lebih besar daripada ttabel. Hasil Uji Koefisiensi Determinasi diketahui bahwa nilai koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0.409 atau 40,9% artinya variabel kepuasan tamu menginap dapat dijelaskan oleh variabel Kebersihan (X1), Kerapihan (X2), dan Kelengkapan (X3) sebesar 40,9% dan sisanya sebesar 59,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak diketahui.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 319101513
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Guest Room Area, Kepuasan Tamu
Subjects: Hotel Motel Restaurant
Hotel Motel Restaurant > Front Office Department > Guest Relation Officer
Hotel Motel Restaurant > Guest > Guest Satisfaction
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:14
Last Modified: 05 Mar 2025 04:14
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2353

Actions (login required)

View Item View Item