Kurniawan, Rizki (2021) Strategi Promosi Guna Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Pantai Saliper Ate Kabupaten Sumbawa Besar. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (742kB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pantai saliper ate merupakan suatu destinasi yang terletak 5 km kearah barat kota sumabwa besar. Pantai ini memiliki beberapa daya tarik wisata seperti wisata alam, wisata kuliner serta wista buatan. Lokasinya mudah dijangkau dengan transportasi darat (angkutan kota) yang selalu siap sepanjang waktu. Dilokasi pantai ini juga tersedia wahana permainan bagi anak anak, dan yang menjadi nilai plus bagi wisatawan. Namun karena kurangnya minat kunjung wisatawan pada hari biasa (weekday) maupun akhir pekan (weekend) serta kurangnya media promosi yang hanya menghandalkan promosi dari dinas pemuda olahraga dan pariwisata maka penulis memutuskan untuk malakukan penelitian dengan judul “strategi promosi guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di pantai saliper ate kabupaten sumbawa besar”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif serta analisa swot guna mempermudah penulis untuk mendapatkan data yang valid sehingga dapat dengan mudah menggambarakan situasi di lapangan secara akurat guna mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sedikitnya lima (5) rekomendasi strategi promosi yang dapat menjadi acuan oleh pihak pengelola dan promotion mix yang digunakan dapat meningkatkan jumlah kunjung wisatawan berdasarkan bebarapa rekomendasi strategi promosi yang telah di jabarkan seperti penggunaan sosial media dll. Serta analisis matrix swot yang dibagi menjadi 4 strategi yaitu : 1. (strenght-opportunity) yang memanfatkan seluruh kekuatan yang ada untuk memanfaatkan peeluang yang ada seperti banyaknya daya tarik wisata dan harga yang terjangkau diharapakan akan menjadikan pantai saliper ate meanjadi pilihan utama wisatawan setelah pandemic covid-19. 2. (weakness-opportunity) memanfaatkan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yasng ada seperti membuat website dan akun social media serta melakukan rekrutmen untuk menghadapi potensi pasar setelah pandemic covid-19. 3. (strenght-threat) strategi yang menggunakan kekuatan yang ada unutk mengatasi ancaman dikarenakan murahnya tarif unutk berkunjung ke pantai saliper ate sehingga kerap sekali masalah kebersihan dan kenyaman tidak terlalu di perhatikan dan itu lah yang akan menyebabkan ancaman karena mungkin saja aka nada pesaing baru. 4. , (weakness-threat) stategi yang meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman yang datang seperti seperti memperbaiki kualitas sdm serta memberikan training dan selalu menjaaga kebersihan lokasi destinasi dan menyediakan papan informasi mengenai jalur evakuai dan lain sebagainya jika terjadi bencana alam.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 517100822 |
Uncontrolled Keywords: | Daya Tarik Wisata, Strategi Promosi, Analisis SWOT, Promotion Mix |
Subjects: | Tourism > Tourism Attraction Economy > Marketing > Promotion |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 08:21 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 08:21 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1124 |
Actions (login required)
View Item |