Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Gembira Loka Zoo

Sirait, Yoslia Mayanti (2021) Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Gembira Loka Zoo. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Berisi berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti orangutan, gajah asia, simpanse, harimau, dan lain sebagainya. Kebun binatang ini telah menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing. Gembira Loka Zoo memiliki potensi yang perlu dikembangkan. Maka dari itu diperlukan promosi melalui media sosial khususnya Instagram dan melalui word of mouth agar Gembira Loka Zoo dapat lebih berkembang dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh promosi melalui media sosial Instagram dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung wisatawan Gembira Loka Zoo. Penelitian kuantitatif dilakukan kepada 100 wisatawan yang berkunjung ke Gembira Loka Zoo dengan menggunkaan teknik sampling insidental. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji regresi linear berganda, uji F, uji T, dan uji determinasi R². Hasil uji regresi linear berganda variabel media sosial Instagram sebesar 0.328, koefisien ini bersifat positif artinya terjadi hubungan positif antar variabel media sosial Instagram dan keputusan berkunjung. Kemudian variabel word of mouth sebesar -0.210, koefisien ini bersifat negatif artinya terjadi hubungan negatif antar variabel word of mouth dan keputusan berkunjung. Hasil analisis uji F memperoleh nilai f hitung sebesar 6.577 > f tabel 3.09 dengan nilai signifikan 0.002 < 0.050. dari hasil tersbut dapat disimpulkan bahwa dimensi media sosial Instagram dan word of mouth berpengaruh secraa simultan terhadap variabel keputusan berkunjung. Hasil analisis uji T untuk dimensi media sosial Instagram yaitu nilai t 3.611 > 1.9847 dengan signifikan 0.000 < 0.05 dan dimensi word of mouth memiliki nilai t -0.183 < 1.9847 dengan nilai signifikan 0.856 > 0.05. Dari angka diatas dapat dilihat bahwa media sosial Instagram yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Dari hasil tersebut maka Ha₂ “diterima”. Hasil uji determinasi R² yang telah dianalisis menunjukkan bahwa keputusan berkunjung dipengaruhi oleh media sosial Instagram dan word of mouth sebesar 0.119 atau dengan persentase 11,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian menunjukkan media sosial Instagram berpengaruh terhadap keputusan berkunjung dan word of mouth tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100841
Uncontrolled Keywords: Media sosial Instagram, word of mouth, keputusan berkunjung
Subjects: Social Media
Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:15
Last Modified: 30 Dec 2022 08:15
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1148

Actions (login required)

View Item View Item