Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Paduppa Resort Bira Bulukumba

Rusdi, Dandy Vitardy (2021) Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Paduppa Resort Bira Bulukumba. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan promosi melalui di media sosial terhadap keputusan menginap dan apakah variabel communication yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan menginap di Paduppa Resort Bira Bulukumba. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan variabel independen context (X1), communication (X2), collaboration (X3), dan connection (X4) dan variabel dependen keputusan menginap (Y). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dan instrumen penelitian yang dipakai untuk mencari tahu data-data dari responden berupa kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Adapun metode analisis yang digunakan untuk menguji pengaruh promosi melalui media sosial terhadap keputusan menginap yaitu Analisis Regresi Linear Berganda yang mencakup Uji Koefisien Determinasi (R ), Uji Simultan (Uji F), dan Uji Parsial (Uji t). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan yang signifikan dari promosi di media sosial terhadap keputusan menginap di Paduppa Resort Bira Bulukumba. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji F dengan nilai F hitung sebesar 46,358 > F tabel 2,70 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,647 (64,7%) yang berarti variabel promosi melalui media sosial memberikan pengaruh sebesar 64,7% terhadap keputusan menginap sedangkan sisanya 35,3% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, variabel communication (X2) merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan menginap yang ditunjukkan oleh nilai koefisien β tertinggi sebesar 0,283 disusul variabel collaboration (X3) dengan nilai koefisien β sebesar 0,239, variabel connection (X4) dengan nilai koefisien β sebesar 0,217, dan yang terendah variabel context (X1) dengan nilai koefisien β sebesar 0,215. 2

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 320200404
Uncontrolled Keywords: Promosi, Media Sosial, Keputusan Menginap.
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:08
Last Modified: 02 Jan 2023 06:08
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item