Pengaruh kualitas pelayanan kamar terhadap kepuasan tamu di housekeeping hotel prima in Yogyakarta

Wibowo, Guruh Septi (2021) Pengaruh kualitas pelayanan kamar terhadap kepuasan tamu di housekeeping hotel prima in Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (875kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan kamar, yaitu : kebersihan, kerapian dan kelengkapan terhadap kepuasan tamu hotel. Untuk mencapai kepuasaan pelanggan, Housekeeping dan Room attendant memiliki peran penting dalam menjaga kualitas kenyamanan fasilitas berbentuk fisik, hasil tugas dari keduanya berdampak saat pertama kali pelanggan masuk kamar, yang pertama kali pelanggan lihat adalah fasilitas bed, kelengkapan dan kebersihan fasilitas yang ada di room dan kamar mandi. Efek yang diberikan jika kualitas kamar tidak sesuai dengan keingin mereka, maka kepuasan mereka juga akan menurun dan menimbulkan rasa kecewa. Dari latar belakang diatas, maka penulis memilih judul, yaitu “Pengaruh kualitas pelayanan kamar kepuasan tamu di Hotel Prima In Yogyakarta”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif Kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling. Sampel sebanyak 120 orang responden yang diambil dengan teknik Accidental sampling dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, Uji t, Uji F, dan uji koefisiensi determinasi untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kamar terhadap kepuasan tamu. Hasil Penelitian ini diketahui bahwa kualitas pelayanan kamar yaitu: kebersihan, kerapian, dan kelengkapan, secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu; variabel kebersihan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu; variabel kerapian secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu; variabel kelengkapan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu di Hotel Prima In Yogyakarta. Dari variabel tersebut, variabel kebersihan memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan tamu. Penelitian ini menghasilkan nilai Adjusted R square sebesar 0,526, hal ini menunjukan bahwa sumbangan dari hubungan pelatihan sebesar 52,6%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 315100828
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Tamu
Subjects: Hotel Motel Restaurant > Guest > Guest Satisfaction
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:27
Last Modified: 19 Jan 2023 03:40
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item