Pengaruh Kualitas Produk Makanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Rumah Makan Sambal Cowek Yogyakarta

Ariani, Ni Ketut (2021) Pengaruh Kualitas Produk Makanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Rumah Makan Sambal Cowek Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (553kB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas produk makanan terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Sambal Cowek. Komponen kualitas produk yang digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan meliputi tampilan, porsi, aroma dan cita rasa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskritif Kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden yang meliputi pengunjung Rumah Makan Sambal Cowek. Instrumen penelitian yang digunakan dalam bentuk penyebaran angket/kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Regresi Linier Berganda, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji parsial (T), uji simultan (F) dan uji determinasi R square. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh secara simultan variabel bebas yang meliputi Tampilan, Porsi, Aroma dan Cita Rasa terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Sambal Cowek, yang dibuktikan dari hasil F hitung > F tabel yaitu 9,238 > 2,49 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima yaitu Ha Diduga ada pengaruh secara bersamaan variabel bebas yaitu tampilan, porsi, aroma dan cita rasa terhadap kepuasan pelanggan di Rumah makan Sambal Cowek. Hasil uji Parsial (T) menunjukan bahwa variabel tampilan, aroma dan cita rasa berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan di rumah makan sambal cowek dibuktikan dengan perolehan nilai T hitung dimana hasil uji T dari variabel tampilan, aroma dan cita rasa secara berurutan adalah 3,444 ; 2,264 ; 2,059 lebih besar dari T tabel yaitu 1,990. Hasil uji Parsial (T) untuk variabel porsi menunjukan bahwa ada pengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan yang dibuktikan dengan nilai T hitung < T tabel yaitu -1,856 < 1,990. Hasil Determinasi R Square memperoleh nilai sebesar 0,330 yang artinya pengaruh variabel independent (X) terhadap variabel dependent (Y) adalah 33%. Hasil dari Regresi Linier Berganda menunjukan bahwa nilai Beta variabel tampilan sebesar 0,354 lebih besar dari nilai variabel lain, yang berarti variabel tampilan adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan di rumah makan sambal cowek. Dengan demikian Ha 1 yaitu diduga cita rasa adalah variabel yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di rumah makan Sambal Cowek ditolak atau hipotesis ditolak. > T tabel,

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317101015
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan.
Subjects: Economy > Customer and Consumer > Customer / Consumer Satisfaction
Economy > Industry > Product Quality
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2023 08:01
Last Modified: 24 Jan 2023 08:01
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item