Utomo, Indit Ertanto Satrio (2022) Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan di Kampoeng Etnik Kebumen. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER-BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi wisata dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di kampoeng etnik kebumen Subjek penelitian ini adalah pihak dari pengelola dan wisatawan yang berkunjung ke kampoeng etnik. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari strategi promosi Kampoeng etnik. Berdasarkan analisi terhadap faktor internal dan eksternal terhadap potensi dan strategi promosi kampoeng etnik dapat dilihat bahwa Matrix IE menunjukkan titik potong (2,90: 3,00) berada pada kuadran II yaitu di posisi pertumbuhan atau growth, sehingga memerlukan strategi promosi untuk daya tarik wisatawan dan produk wisata yang tepat. Berdasarkan hasil matriks SWOT dan penelitian di Di Kampoeng etnik maka telah ditentukan strategi SO (strenght opportunity), ST (strength threat), WO (weakness opportunity), dan WT (weakness threat) yang dapat diterapkan yaitu: Strategi SO; meningkatkan promosi dengan media sosial guna menarik kunjungan wisatawan, membuat video promosi dengan adanya kegiatan di kampoeng etnik dengan durasi 1-2 menit dan di unggah di media sosial,meningkatkan kualitas daya tarik tempat wisata, melakukan promosi secara meluas. Strategi ST; Menyediakan produk wisata yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan, Mengembangkan potensi wisata yang unik dan menarik,promosi dengan memberikan paket wisata yang menarik,membuat desain iklan secara menarik . Strategi WO; .memaksimalkan kegiatan pemasaran secara rutin .meningkatkan kualitas sdm dalam bidang promosi ,membuat website berisikan tentang destinasi kampoeng etnik,memaksimalkan pembuatan konten dalam memasarkan wisata .Strategi WT; mengadakan evaluasi promosi agar target tercapai secara maksimal, saling memberikan motivasi dan inovasi dalam bidang pemasaran, mengikuti perkembangan zaman dalam bidang promosi untuk mencapai target maksimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 518100992 |
Uncontrolled Keywords: | Promosi Wisata,Wisata Rekreasi |
Subjects: | Tourism Economy > Marketing > Promotion |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 02:13 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 02:13 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1395 |
Actions (login required)
View Item |