Strategi Promosi Destinasi Wisata Sindu Kusuma Edupark dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan

Zakiah, Jaty (2022) Strategi Promosi Destinasi Wisata Sindu Kusuma Edupark dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB 2- BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (500kB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu kota pariwisata yang memiliki berbagai macam destinasi wisata. Salah satu wisata buatan dan edukasi di Yogyakarta adalah Sindu Kusuma Edupark. Sindu Kusuma Edupark mengalami penurunan jumlah kunjungan wisatawan akibat pemberlakuan PPKM pada masa pandemi dan pada saat ini banyaknya tempat wisata baru terus bermunculan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang efektif dan tepat agar tingkat kunjungan wisatawan semakin meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu menguraikan data dari hasil studi kepustakaan, observasi, wawancara, dokumentasi yang diperoleh selama penelitian yang dilakukan dan analisis SWOT. Hasil penelitian menggunakan analisis SWOT yaitu menganalisa berdasarkan faktor internal (Strength, Weakness) dan faktor eksternal (Opportunities, Threats) yang kemudian faktor ini digunakan untuk membuat strategi berdasarkan matriks SWOT sehingga mendapatkan hasil berupa strategi SO, strategi ST, strategi WO dan strategi WT. Strategi promosi di Sindu Kusuma Edupark yaitu (1) Strategi SO : perancangan pesan dan design di media periklanan, selalu mengupdate media sosial dan website resmi SKE tentang informasi secara berkala dan menjawab pertanyaan netizen, mengadakan gathering kerjasama dengan para pelaku industri pariwisata dan melakukan merchandising. (2) Strategi ST : optimalisasi kegiatan promosi yang ada, membuat sales call khusus mitra yang bekerjasama dengan pihak SKE, memperluas hubungan kerjasama dengan berbagai segmen pasar (sekolah, instansi dan government). (3) Strategi WO : penambahan media periklanan, membuat website dan brosur yang lebih menarik, melakukan personal selling seperti penjualan voucher promo secara langsung yang bisa dilakukan oleh anak magang, berinovasi dengan penambahan wahana permainan baru, mengadakan event dengan bekerjasama relasi untuk memndapatkan sumber dana dari sponsor. (4) Strategi WT : mengoptimalkan dan menambahkan kegiatan promosi yang lebih inovatif dan kreatif, merekrut SDM yang kompeten sesuai dengan bidangnya agar tidak terjadi stagnasi dalam melakukan promosi, mengadakan berbagai promo yang berbeda untuk setiap platform dan mengadakan event untuk momen tertentu yang melibatkan seluruh masyarakat agar SKE lebih dikenal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518100947
Uncontrolled Keywords: Jumlah Kunjungan Wisatawan, Strategi Promosi, Analisis SWOT, Sindu Kusuma Edupark
Subjects: Tourism > Tourism Destination
Economy > Marketing > Promotion
Economy > Marketing > Marketing Strategy
Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:05
Last Modified: 14 Mar 2023 03:05
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1401

Actions (login required)

View Item View Item