Pengaruh Media Sosial dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Destinasi Wisata Kebun Raya Bogor

Hasanah, Nur Laela (2022) Pengaruh Media Sosial dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Destinasi Wisata Kebun Raya Bogor. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (795kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan promosi merupakan salah satu upaya penting untuk menarik minat wisatawan untuk mengunjungi suatu destinasi wisata, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung wisatawan di destinasi wisata Kebun Raya Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresi linier. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner, sedangkan data sekunder dilakukan dengan melakukan studi pustaka. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan wisatawan yang pernah mengunjungi Kebun Raya Bogor. Hasil penelitian pada uji t (parsial) menunjukkan bahwa media sosial (X1) dan word of mouth (X2) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berkujung (Y), dan juga terbukti bahwa word of mouth (X2) memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan berkunjung (Y) wisatawan di destinasi Kebun Raya Bogor. Pada hasil uji f (simultan) juga menunjukkan bahwa media sosial (X1) dan word of mouth (X2) berpengaruh secara bersama - sama (simultan) terhadap keputusan berkunjung (T). Selain itu hasil perhitungan persamaan regresi linier berganda mendapatkan hasil bahwa media sosial dan word of mouth berkontribusi positif terhadap keputusan berkunjung dengan nilai konstanta sebesar -0.530 yang artinya jika tidak ada variabel media sosial (X1) dan word of mouth (X2) maka keputusan berkunjung wisatawan sebesar -0.530, kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) dengan nilai korelasi antara variabel media sosial (X1) dan variabel word of mouth (X2) terhadap variabel keputusan berkunjung (Y) sebesar 62.9% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain, seperti promosi menggunakan media cetak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518100877
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Word of Mouth, Keputusan Berkunjung
Subjects: Social Media
Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:15
Last Modified: 15 Mar 2023 03:15
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item