Strategi Promosi dan Pengembangan Destinasi Wisata Batu Mentas Kabupaten Belitung

Fauzia, Rosalina (2022) Strategi Promosi dan Pengembangan Destinasi Wisata Batu Mentas Kabupaten Belitung. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wisata Batu Mentas merupakan salah salah satu destinasi wisata yang berada di Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.Strategi Promosi berperan penting dalam pengembangan pariwisata di Wsata Batu Mentas .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Promosidan Pengembangan Destinasi Wisata Batu Mentas Kabupaten Belitung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, tipe penelitian ini fenomologi sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sementara informan dalam penelitian ini adalah ketua destinasi, staff destinasi dan masyarakat. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis SWOT, dan pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Strategi Promosidan Pengembangan Destinasi Wisata Batu Mentas Kabupaten Belitung, menunjukan bahwa dalam menarik minat kunjungan wisatawan di Kabupaten Belitung dapat ditentukanpada hasil Grafik SWOT yang berada pada kuadran I, kuadran tersebut menunjukkan bahwa pada situasi ini destinasi Wisata Batu Mentas dalam melakukan promosi dan pengembangan mempunyai peluang yang sangat besar berdasarkan kelebihan atau kekuatan yang dimiliki, lalu pengolahan data dari analisis kekuatan dan peluang (SO), yaitu kegiatan promosi dan pengembangan yang dilakukan oleh pihak pengelola mendapatkan uluran tangan atau bantuan dari pihak pemerintah sehingga membuka peluang bagi destinasi untuk dikenal oleh seluruh kalangan baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara yang tentunya kegiatan promosi dan pengembangan ini dilakukan dengan adanya teknologi masa kini yang semakin berkembang yang memudahkan promosi ini untuk dijangkau dan terjangkau oleh semua kalangan seperti adanya fanspage yang murah dan sangat mudah untuk di akses, dan dengan begitu kegiatan promosi berjalan dengan lancar dan efisien.dengan adanya peluang dari banyak nya sekolah-sekolah dan komunitas lokal bisa dijadikan SDM untuk mengambil peran dan diajak bekerja sama dalam mengembangkan destinasi sekaligus sebagai sarana edukasi bagi masyarakat Desa Badau untuk melakukan kegiatan promosi yang bisa mengenalkan Wisata Batu Mentas sebagai destinasi wisata alam yang memiliki udara yang sejuk dan hutan yang masih alami nan asri sekaligus menjadi tempat habitat hewan primata yang dilindungi dan hanya ada di Pulau Belitung yaitu tarsius.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518100882
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Strategi, Promisi, Destinasi, Batu Mentas
Subjects: Tourism > Tourism Destination
Tourism > Tourism Development
Economy > Marketing > Promotion
Economy > Marketing > Marketing Strategy
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 06:23
Last Modified: 15 Mar 2023 06:23
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1441

Actions (login required)

View Item View Item