Pengaruh Penggunaan Aplikasi Agoda Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Hotel Grand Tjokro Yogyakarta

Simamora, Margaret Affrianti (2022) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Agoda Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Hotel Grand Tjokro Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (985kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (671kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan aplikasi Agoda terhadap keputusan tamu menginap, ini dilatar belakangi dengan adanya kelebihan aplikasi Agoda yang diharapkan mampu membuat keputusan menginap melalui layanan aplikasi tersebut, namun data yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa belum didapatkan data secara akurat terkait peran dari aplikasi Agoda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan variabel yang paling berpengaruh antara variabel informasi, ketanggapan pelayanan, dan proses terhadap variabel keputusan tamu menginap. Populasi dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu sampel yang digunakan adalah tamu yang sudah pernah menginap dan tamu yang sedang menginap khusus bagi yang menggunakan aplikasi Agoda di Hotel Grand Tjokro Yogyakarta sebanyak 30 orang responden. Instrument yang digunakan adalah observasi dan kuesioner yang berfungsi untuk mengetahui setiap nilai dari indikator variabel. Kelayakan instrument diuji validitas dan reabilitas, kelayakan variabel diuji normalitas dan linieritas serta teknik analisis uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan koefisien determinasi (R 2 ) dengan menggunakan SPSS versi 28.1. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian bersifat valid dan realiabel. Uji F menunjukkan bahwa nilai F xxii hitung sebesar 3.114 > F tabel sebesar 2.96, dengan taraf signifikan table anova 0.043 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha1 diterima dan Ho1 ditolak yaitu adanya pengaruh aplikasi Agoda secara simultan terhadap keputusan tamu menginap di Hotel Grand Tjokro Yogyakarta. Uji t menunjukkan bahwa nilai tertinggi yaitu variabel proses dengan t table sebesar 2.780 dan signifikan sebesar 0.010, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha2 diterima dan Ho2 ditolak yang artinya variabel proses secara parsial paling berpengaruh terhadap keputusan tamu menginap di Hotel Grand Tjokro Yogyakarta. Berdasarkan uji determinasi (R 2 ) menjelaskan bahwa terdapat hubungan yang positif antara varaibel (X) terhadap variabel (Y) dari nilai koefisien Adjusted R Square sebesar 0.179 yang berarti besarnya pengaruh aplikasi Agoda sebesar 17.9% sedangkan sisanya 82.1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 318101249
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Agoda, Keputusan Tamu Menginap, Hotel Grand Tjokro Yogyakarta.
Subjects: Social Media
Hotel Motel Restaurant > Guest > Guest Satisfaction
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:49
Last Modified: 29 Mar 2023 02:49
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1520

Actions (login required)

View Item View Item