Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Tamu Untuk Menginap di Hotel Grand Kangen Yogyakarta

Siwi, Tias Rahma (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Tamu Untuk Menginap di Hotel Grand Kangen Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan tamu untuk menginap di Hotel Grand Kangen Yogyakarta” dilatar belakangi oleh persaingan antar hotel di Yogyakarta semakin ketat, dengan adanya competitor lain disekitarnya, membuat pelaku usaha perlu berusaha keras agar tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi tamu untuk menginap di Hotel Grand Kangen Yogyakarta. Adapun metode yang digunakan yaitu metode analisis kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang merupakan tamu yang pernah menginap di Hotel Grand Kangen Yogyakarta. Dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik insindental, dimana teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, siapa saja yang bertemu dengan peneliti dan dianggap cocok sebagai sumber data. Metode pengumpulan data dalam bentuk observasi, kuesioner dengan skala likert, dan dokumentasi. Pengujian penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden, selanjutnya data kuesioner yang telah disebar dianalisis menggunakan uji validitas, uji reabilitas, Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan tabulasi silang. Data tersebut diolah dengan bantuan program IBM SPSS statistic 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator-indikator pada penelitian bersifat valid dan reliabel. (1) Variabel harga merupakan variabel yang paling dominan yang dapat mempengaruhi keputusan tamu menginap, responden menyatakan bahwa harga terjangkau, kualitas yang diberikan sesuai harga, harga beragam, menarik, dan sesuai dengan manfaat yang didapatkan. (2) Variabel selanjutnya yaitu lokasi, pemilihan lokasi hotel yang strategis dapat mempermudah pelanggan untuk mendapatkan akses terhadap hotel dalam melakukan aktivitasnya. (3) Variabel fasilitas adalah sarana yang mempermudah konsumen untuk melakukan suatu aktivitas, (4) Variabel rating dan ulasan OTA merupakan variabel urutan keempat yang mempengaruhi keputusan tamu. (5) dan variabel rekomendasi merupakan variabel yang kurang dominan dibandingkan ke empat variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 322200424
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Keputusan menginap, Hotel Grand Kangen Yogyakart
Subjects: Hotel Motel Restaurant > Guest > Guest Satisfaction
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:36
Last Modified: 30 Mar 2023 06:36
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item View Item