Peran Media Sosial Terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Gamplong Studio Alam Sleman Yogyakarta

Rahmawati, Elsa Yunika (2022) Peran Media Sosial Terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Gamplong Studio Alam Sleman Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (11MB)

Abstract

Gamplong Studio Alam Sleman merupakan destinasi wisata buatan yang menyajikan berbagai macam spot foto. Berbagai macam spot foto dan aktivitas di tempat wisata tersebut diunggah pada media sosial instagram @gamplong_studio dan youtube @gamplong_studio. Selain itu terdapat berbagai macam website seperti @sumberrahayusid.sleman.go.id yang memberikan informasi mengenai GAmplong Studio Alam Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media sosial mempunyai peran terhadap minat kunjung wisatawan. Oleh sebab itu, penelitian ini mengambil judul "Peran Media Sosial Terhadap Minat Kunjung Wisata di Gamplong Studio Alam Sleman Yogyakarta." Metode dalam penelitian ini adalah deskripstif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dimana sampel diambil secara acak tanpa adanya ciri-ciri khusus. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang sedang atau telah berkunjung ke Gamplong Studio Alam Sleman. Pengumpulan data menggunakan kuesioner teknik skala likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang simultan (bersama-sama) media sosial instagram (X1), Youtube (X2), Website (X3) terhadap minat kunjung wisatawan (Y) berdasarkan nilai F hitung > F tabel (4,882 > 2,698) dengan nilai Adjusted R square sebesar 50,8% sedangkan sisanya 49,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji t didapatkan nilai t hitung instagram (X1) sebesar 2,535, nilai t hitung Youtube (X2) sebesar 1,362, nilai t hitung Website (X3) sebesar 0,635. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel yang mendominasi adalah variabel Instagram (X1) maka dapat disimpulkan bahwa Ha2 diterima dan Ho2 ditolak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 418100559
Uncontrolled Keywords: Instagram, Youtube, Website, Minat Kunjung
Subjects: Social Media
Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:23
Last Modified: 04 Apr 2023 04:23
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item View Item